Sinopsis dan Pemain Film Indonesia "Dear Nathan" (2017)

sinopsis dear nathan 2017

Sebagus apa sebenarnya novel “Dear Nathan” sehingga novel ini terjual habis dalam waktu singkat setelah diterbitkan? Berawal dari keinginan Erisca Febriani mengunggah cerita ini di Wattpad, “Dear Nathan” ternyata menarik lebih dari 20 juta pembaca!

Hingga akhirnya sang pengarang mewujudkan karyanya itu menjadi sebuah novel. Sutradara Indra Gunawan pun terkesan sehingga setelah melalui proses observasi pemilihan karakter yang pas, akhirnya “Dear Nathan" versi film bioskop pun siap ditayangkan.

Sang sutradara punya pertimbangan secara khusus akan pemilihan peran Nathan untuk Jefri Nichol, dan peran Salma bagi Amanda Rawles. Alasan pertama, keduanya sedang berada pada puncak popularitas. Kedua, baik Amanda dan Jefri dirasa sangat pas dalam memerankan siswa SMA yang masing-masing memiliki karakter kuat.

Sinopsisnya sudah banyak dibaca oleh para penanti film ini. Sekilas, kita membaca bahwa cerita ini sederhana saja. Memang, “Dear Nathan” mengisahkan seorang siswa SMA yang mengejar cinta dari salah satu teman di sekolahnya. Si gadis adalah gadis manis nan lugu, sedangkan si pemuda adalah siswa yang gemar membolos, suka melawan guru dan sering terlambat ke sekolah.

Apa istimewanya? Ternyata, yang istimewa dari film Indonesia terbaru 2017 ini adalah bagaimana sang penulis menggambarkan karakter tokoh utama, yang bertolak belakang, dengan sangat detail. Ekspresi yang ditunjukkan oleh Salma, yang mengenal Nathan pertama kali sebagai siswa yang menolongnya lepas dari hukuman karena terlambat masuk sekolah di hari pertamanya, sanggup membuat para pemirsa terkesima.

film indonesia terbaru dear nathan

Tidak hanya itu, pemirsa bakal terhibur dengan upaya Salma yang terus menghindar dari ‘kejaran’ Nathan. Salma yang pemalu, semakin salah tingkah karena Nathan membiarkan seluruh siswa di sekolah mengetahui bahwa ia menyukai Salma. Salma sempat tak suka dengan hal seperti ini. Ia tak pernah memiliki teman-teman ‘heboh’ saat ia masih di sekolah lamanya. Apalagi, sosok siswa seperti Nathan. Sempat, ia sangat membencinya. Keseruan dari sinopsis "Dear Nathan" tidak hanya berhenti sampai disini saja.

Yang menarik adalah, para siswa di sekolah suka dengan Nathan, terlepas dari ulahnya yang bandel. Nathan memang suka bolos, tetapi ia ringan tangan. Siapapun teman yang membutuhkan bantuan, pasti mendapatkannya dari Nathan. Secara khusus, teman-teman sekelasnya merasa kesepian saat Nathan absen dari kelas.

Mereka menganggap bahwa Nathan memiliki kemampuan untuk membuat suasana kelas menjadi ‘hidup’. Karena itulah, mereka memberi dukungan penuh kepada Nathan yang sedang jatuh cinta, karena Nathan tak pernah jatuh cinta kepada siapapun, sebelumnya.

Pemirsa juga akan merasa sangat tersentuh melihat upaya Nathan yang tak menyerah untuk memenangkan hati Salma yang terus menghindar. Uniknya, Salma menghindar, tetapi juga mencari tahu tentang diri Nathan. Hati wanita mana yang tak lumer karena upaya keras seorang pria yang terus mengejarnya, sekaligus memberi kata-kata yang romantis, tanpa ada kesan gombal.

Salma, tanpa terlihat membuka hati, ternyata merasa iba kepada Nathan yang memiliki keluarga yang sedang bermasalah. Ia pun paham mengapa Nathan begitu ‘menyebalkan’ di sekolah. Komunikasi antara keduanya pun semakin intens karena Salma paham bagaimana membuat Nathan tak lagi bermasalah di sekolah.

Keduanya pun saling menyukai. Nathan tak keberatan untuk mengubah kebiasaan. Salma pun tak pernah pantang mundur dalam mengubah karakter Nathan secara perlahan.

Masalah timbul saat kekasih lama Nathan, Seli, kembali dalam kehidupannya. Seli berharap Nathan memaafkan dirinya, yang sempat mengkhianati Nathan.

Bakal Mengharukan

Banyak pembaca wattpad yang telah menantikan penayangan film ini. Mereka ingin merasakan bagaimana emosi mereka kembali hanyut, saat menyaksikan cerita kesayangan mereka itu diwujudkan dalam sebuah film yang dibintangi oleh para pemain dalam dunia yang nyata.

Selama ini, novel “Dear Nathan” mendapatkan review yang sangat positif. Banyak pembaca merasakan bagaimana sang penulis menulis setiap kejadian secara detail, lengkap dengan hal-hal unik, lucu, kocak yang khas terjadi selama masa-masa di SMA.

Cerita ini sebenarnya tidak melulu diperuntukkan untuk mereka yang sedang duduk di bangku SMA. Film ini dapat menjadi hiburan bagi siapa saja—yang berusia di atas 13 tahun tentunya—yang akan, atau pernah menjadi siswa SMA. Tidak dapat dipungkiri bahwa masa SMA adalah masa-masa paling menyenangkan dalam kehidupan siapa saja. Bahkan, film "Dear Nathan" ini bisa menjadi ‘referensi’ bagi mereka yang bakal pindah sekolah, dimana mereka tak perlu takut beradaptasi.

pemain film dear nathan

Naskah ini secara gamblang menceritakan bahwa semua siswa pada dasarnya memiliki karakter positif. Mereka yang berkarakter negatif sejatinya memiliki masalah dalam keluarganya, atau mungkin minder dengan kondisinya saat ini. Tidak hanya itu, pria yang terlihat urakan bahkan kadang hatinya jauh lebih lembut atau rapuh ketimbang wanita.

Hal ini terungkap dari salah satu ucapan Nathan yang tak pernah ingin menyakiti hati wanita. Hal ini merupakan ekspresi hatinya yang sedih karena ibunya disakiti oleh ayahnya. Ia menganggap bahwa kehancuran hati wanita seperti cermin yang retak, yang tak mungkin dapat diperbaiki.

Nathan yang romantis dan Salma yang penyabar akan menjadi pasangan serasi. Namun demikian, kehadiran Seli sempat membuat Nathan bimbang karena pada dasarnya ia tak pernah ingin menyakiti siapa saja.

Selamat menantikan “Dear Nathan” pada 23 Maret 2017, di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Lihat jadwal 21 Cineplex dan jadwal bioskop terbaru lainnya di jadwaltelevisi.com.

Last edited 01 August 2017