Apa Saja Film Hantu, Setan, dan Zombie Yang Paling Seram?

film hantu terseram

Film Horor, Film Hantu, dan Film Setan: Bikin Takut Tapi Selalu Dinanti

Pada dasarnya, film hantu adalah film yang menghadirkan kisah supranatural yang melibatkan manusia dan makhluk 'lain'. Tentu bukan hewan atau tumbuhan. Namun, banyak orang mengira bahwa film yang sarat dengan kekerasan seperti pembunuhan yang dilakukan oleh manusia yang memiliki motif balas dendam adalah film horor, meskipun sebenarnya film tersebut tergolong sebagai 'thriller' atau lebih dikenal dengan film 'misteri' di Indonesia. Film yang menghadirkan serangan zombie juga bisa dikategorikan sebagai film horor atau film hantu versi barat.

Di Indonesia, film setan dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan hal ini telah berlangsung sejak tahun 70an. Bisa dipastikan bahwa film hantu sebagai film paling disuka di Indonesia. Bahkan, ada aktor dan aktris spesialis film setan di berbagai generasi.

Di era 70an dan 80an, almarhumah Suzanna adalah ratunya. Saat film Indonesia mati suri, hanya film horor dan film Indonesia hot dengan adegan panas yang menjadi bunga bioskop gurem di negeri kita. Saat itu, Kiki Fatmala adalah bintang terlaris selain Ranieta Manopo.

Nah, saat film Indonesia sudah bangkit dengan plot cerita beragam dan inovatif, film hantu Indonesia ternyata masih disuka. Saat ini, wajah Shareefa Daanish yang paling sering muncul. Aktris yang satu ini memang enggan dijuluki ratu horor meskipun penampilannya di film-film seram paling gres di Indonesia sangat sering memunculkan wajahnya.

Saat ini, film horor negeri kita sedikit banyak meniru film horor Hollywood, meskipun beberapa sutradara memilih untuk mengangkat tema horor yang terkait dengan tradisi atau permainan masa lalu yang terkait dengan ilmu hitam. Di tahun 2017, film horor cukup mendominasi, baik film Hollywood maupun film Indonesia. Di Indonesia, beberapa film horor mengalami penundaan penayangan sehingga banyak yang ditayangkan pada 2017.

Pilihan menonton film hantu terbaru sangat banyak, karena kini pecinta film horor di Indonesia juga dengan mudah dapat menikmati film horor dari Korea. Sejak setahun terakhir, menonton film horor dari negeri ginseng tersebut makin seru saja karena plot ceritanya sangat seru, dan tentu sangat seram.

film zombie terbaik

Lihat referensi film romantis terbaik, film komedi, atau film kartun lucu yang lebih menghibur dibandingkan film hantu

Yang lebih asyik, film-film Korea Selatan juga sangat mengedepankan teknologi terbaik dalam kostum, tata rias serta efek audio dan visual. Masih ingat "Train to Busan"? Film ini sontak menjadi fenomenal karena kecanggihan teknologi yang digunakan. Film yang dirilis pada 20 Juli 2016 ini sempat ditayangkan di Cannes Film Festival dan mendapat aplaus luar biasa.

Bahkan, film ini menjadi film Korea pertama di tahun 2016 yang mencatat rekor dengan penonton lebih dari 10 juta orang, setelah ditayangkan selama sepekan. Belum terhitung Anda dan penonton yang terkesima dengan salah satu film zombie terbaik ini di seluruh dunia. Film zombie buatan Hollywood mungkin sudah sangat sering dan tak lagi mengejutkan. Tidak jarang film-film tersebut justru bisa juga menjadi film action terbaik yang sangat menegangkan.

Kita tahu betul bahwa sekuel film terbaru "Resident Evil" selalu menghadirkan mayat hidup dengan efek tata rias yang luar biasa. Mungkin, kita harus menunggu produser dan sutradara Indonesia untuk memproduksi film zombie lagi setelah "Kampung Zombie".

film hantu indonesia

Lihat juga daftar film perang terbaik atau film India terbaru tahun 2017

Sejauh ini, pecinta cerita hantu di Indonesia cukup banyak. Mereka semakin punya banyak pilihan. Di tahun 2017 ini saja, ada dua sekuel film berbeda yang sudah sangat dinantikan. Yang pertama adalah "Annabelle: Creation" dan "Cult of Chucky". Keduanya mengandalkan boneka seram sebagai tokoh utamanya. Bahkan di tahun 2016, ada pula film yang dianggap sebagai hantu terseram di dunia, yakni Valak, tokoh utama film Conjuring 2.

Julukan hantu terseram di dunia ini bahkan membuat Valak jadi populer di kalangan netizen di Indonesia yang gemar membuat meme tokoh ini sebagai foto hantu terseram. Beberapa film horor di tahun 2017 yang patut dinantikan adalah "The Bye Bye Man", "Alien: Covenant", "Wish Upon", "Life", "The Gracefield Incident" dan banyak lagi.

Bagaimana dengan film hantu terseram dari tanah air? Tahun ini, film horor anak negeri lumayan banyak. Namun, yang paling populer-berdasarkan durasi tayang di bioskop serta hasil pencarian di mesin pencari-"Danur: I Can See Ghosts" menjadi film horor paling fenomenal dibandingkan lainnya, dimana tokoh Asih dianggap menjadi setan paling seram. Film ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu kandidat film Indonesia terbaik tahun 2017 untuk kategori film horor.

film hantu indonesia 2017

Menyusul film "Jailangkung" yang dirilis bertepatan saat libur lebaran. "Jailangkung" yang terbaru ini dianggap berbeda dengan versi jaelangkung yang sering ditayangkan di bioskop sebelumnya. Film setan dari Indonesia yang akan tayang hingga akhir tahun 2017 tidak terlalu banyak seperti sekuel "The Doll" yakni "The Doll 2", "Petak Umpet Minako", serta "Bocah Tak Kasat Mata". Kebanyakan, film hantu terbaru ditayangkan mulai Januari hingga Juli 2017.

film hantu terbaru

Selain film hantu anak negeri dan Hollywood, apakah film setan Korea juga patut dijadkan alternatif? Sepertinya kita lebih mengenal film hantu dari Jepang atau film Thailand. Tetapi, Korea sangat 'bangga' dengan film "Whispering Corridors" yang dibuat hingga lima sekuel.

Film horor Korea sebenarnya memiliki unsur yang serupa dengan horor Jepang dan sangat berbeda dengan film hantu Indonesia. Horor Korea lebih menekankan pada rasa takut karakter utama dan tak melulu fokus kepada 'darah' serta tata rias yang kelewatan.

film zombie

Dua tahun terakhir, jumlah film horor berkurang dibandingkan tahun 2013 dan 2014. Film seram yang paling populer di tahun 2016 adalah "Train To Busan" dan "The Wailing". Di tahun 2017, justru tak ada satupun film horor Korea yang dirilis, dimana hanya film action dan drama saja yang mendominasi.

Tetapi, tak semua film hantu bikin tak bisa tidur. Banyak film hantu lucu yang bisa jadi alternatif supaya penonton nggak terlalu tegang, tapi masih bisa menikmati greget film horor. Sebut saja "Hantu Juga Selfie" (2014), Kepergok Pocong (2011), dan banyak lagi. Biasanya, film hantu komedi di tahun 80an mengandung konten dewasa. Kini, film horor komedi bisa menjadi tontonan sekeluarga.

Film hantu memang seram dan bisa membuat orang ketakutan hingga tak berani tidur sendirian. Tetapi, tidak pernah terlihat bioskop sepi karena menayangkan film dengan genre tersebut. Bahkan, film yang sangat menyeramkan seperti "Conjuring 2" pun mengakibatkan antrean panjang di setiap bioskop yang menayangkannya.

hantu terseram di dunia

Belum lagi film "Annabelle" sekuel pertama yang sangat fenomenal itu. Entah apakah sekuel kedua film hantu Indonesia terbaru itu juga akan mendulang sukses seperti yang pertama. Hal ini menjadi bukti bahwa film setan bikin takut tetapi selalu dinanti. Apakah Anda juga salah satu penonton film hantu yang mengalami hal ini?

Last edited 01 August 2017