Mampukah Film Horor Indonesia Bersaing Dengan Hollywood?

film horor

Apakah cerita horor sangat diminati di Indonesia? Apa saja film horor terbaik di tahun 2017 ini?

Sejarah film horor sangat panjang. Di Indonesia, film horor telah diproduksi sejak tahun 70an meski dengan format yang kurang lebih sama. Hantu terseram di film horor Indonesia berkisar dari kuntilanak, sundel bolong, tuyul, babi ngepet dan pastinya pocong.

Namun, ada pula yang membawa unsur kedaerahan seperti permainan 'mistis' seperti film horor terbaik 2017 "Jailangkung". Ciri khas ini terbawa hingga sekarang di beberapa film horor terbaru 2017.

Beberapa produser menganggap bahwa deretan 'pasukan makhluk halus' tersebut diatas masih cukup membuat penonton ketakutan. Namun, tak sedikit sutradara yang ingin mengubah hal-hal monoton seperti itu, dengan menciptakan film hantu dalam bentuk lain, yang kurang lebih hampir sama dengan hantu-hantu dari Hollywood.

Jika dibandingkan dengan era dimana almarhumah Suzanna masih bertahta menjadi ratu film horor indonesia, kini film Indonesia yang menghadirkan plot cerita horor mistik berbalut kengerian akan kekejaman makhluk halus, sudah mengalami banyak sekali perkembangan.

Saat film Indonesia mengalami 'kelumpuhan' di tahun 90an, film horor Indonesia menjamur meskipun yang diandalkan adalah adegan panas dari para pemain-pemainnya. Sampai-sampai, kita tidak bisa membedakan apakah film-film tersebut adalah film horor atau film hot. Beruntung, sineas kita ingin segera mencerdaskan penonton bioskop film horor terbaru dengan memberi nuansa seram tanpa ingin menonjolkan adegan-adegan murahan.

film horor indonesia

Lihat juga referensi film action terbaik dan film perang terbaik yang tayang tahun 2017

Hingga tahun 2010, pocong dan kuntilanak masih menjadi tokoh sentral dari beberapa cerita horor dalam film horor terseram seperti "Pocong Jumat Kliwon", "Rintihan Kuntilanak Perawan", "Pocong Keliling" dan lain-lain. Padahal, sudah banyak sutradara muda yang mengangkat isu-isu modern dalam film mereka. Kiblat film horor Indonesia berubah saat memasuki tahun 2015 dimana pocong mendapat porsi sedikit sebagai tokoh utama.

Beberapa film horor terseram yang cukup populer di tahun tersebut adalah "Penghuni Lain", "Black Honeymoon", "Menara Stasiun Cawang" dan banyak lag. Hal ini merupakan kemajuan yang cukup signifikan karena tak lagi mengandalkan karakter ketinggalan jaman.

Bagaimana dengan film horor Indonesia terbaru? Tercatat tak lebih dari sepuluh film horor terbaru yang dirilis pada 2017. Namun, semuanya memiliki unsur cerita menarik dan inovatif dan salah satunya bisa menjadi film horor terbaik tahun 2017 ini. Diawali dengan film "The Promise" yang seharusnya rilis pada 2016. Film ini menghadirkan duo The Virgin sebagai tokoh utamanya. Disusul dengan film "Gunung Kawi" di bulan berikutnya.

Temanya sebenarnya tak jauh-jauh amat dari tradisi kuno dimana beberapa orang meminta pesugihan ke tempat keramat. Film yang dibintangi oleh aktor kawakan, Roy Marten, ini sempat ditentang oleh penduduk sekitar yang sedikit berang karena wilayah mereka bakal mendapat konotasi buruk.

Oke, lanjut ke film horor terbaru berikutnya yakni "Ular Tangga". Temanya juga masih berhubungan dengan permainan tradisional yang dapat mengundang arwah. Ketiga film tersebut hanya ditayangkan kurang lebih sebulan dan kurang diminati.

film horor terbaru

Lihat juga alternatif pilihan film komedi yang lucu dan tidak menegangkan seperti film horor.

Berbeda halnya dengan film horor terseram "Danur: I Can See Ghosts". Sejak muncul berita tentang rencana peluncuran film ini, pecinta film horor Indonesia sangat bersemangat menantikannya. Terbukti, film horor terbaru yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Shareefa Danish ini bertahan hingga kurang lebih dua bulan di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia.

Jumlah penonton mencapai 2 juta lebih yang merupakan rekor fantastis untuk film lokal, terutama film horor, karenanya film ini layak disebut sebagai salah satu kandidat film horor Indonesia terbaik tahun 2017.

Berita terbaru menyebutkan bahwa jumlah ini belum terpecahkan oleh "Jailangkung", film garapan Jose Purnomo dan Riri Riza, yang tayang bertepatan dengan libur lebaran. Ulasan film "Danur, lengkap dengan pencapaiannya, banyak diulas di berbagai situs hiburan internasional. Baik film horor terbaru "Danur" dan "Jailangkung" layak mendapat gelar sebagai film horor terseram.

Kita tunggu saja, apakah dua film horor Indonesia yang juga akan ditayangkan pada bulan Oktober 2017, yakni "Petak Umpet Minako" dan "The Doll 2" juga dapat membawa penonton menuju kengerian luar biasa dalam cerita horor yang ditayangkannya. Rencananya, film "Keluarga Tak Kasat Mata" juga akan ditayangkan meskipun belum ada kabar terbaru tentang proses pembuatan film ini.

film horor indonesia terbaru

Padahal, versi film dari cerita yang merupakan cerbung dari sebuah salah satu situs forum kenamaan ini sangatlah dinantikan oleh mereka yang rajin mengikuti cerita ini secara berseri di situs tersebut. Kabar yang juga santer beredar adalah ditayangkannya "Hantu Jeruk Purut Reborn" di bulan September 2017. Film ini adalah sekuel dari film pertama dengan judul "Hantu Jeruk Purut" di tahun 2006.

Film horor terbaru Hollywood yang menyaingi film horor terbaru Indonesia justru jauh lebih banyak. Namun, hingga pertengahan tahun 2017, belum ada satupun film horor terseram yang dapat melampaui popularitas "Conjuring 2", baik dalam segi cerita horor maupun tokoh fenomenal. Diawali dengan flm "Don’t Knock Twice" yang hanya ditayangkan dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Menyusul "Rings" yang menghadirkan nuansa mencekam dari hantu yang membunuh siapa saja yang menonton sebuah video. Setelah itu, ada pula "The Devil's Candy" serta "Life". Semuanya tak dapat bersaing dengan film-film dengan genre action, yang kini juga mendapatkan saingan dari film India (Bollywood), bahkan tidak mampu mengalahkan popularitas film kartun (animasi).

film horor terbaru indonesia

"The Mummy" hadir demi memuaskan pecinta film Hollywood yang tak lagi menemukan film horor dengan plot cerita yang tak biasa-biasa saja. Film horor terbaru yang dirilis pada awal bulan Juni 2017 ini merajai bioskop di Indonesia sekaligus membalas kerinduan pecinta film horor terseram Hollywood yang ingin tontonan berkualitas. Wajar saja, "The Mummy" tampil spektakuler. Selain menghadirkan Tom Cruise, film horor terbaik ini juga menggunakan teknologi super canggih dalam efek audio dan visual.

Lalu apa film horor terbaik di tahun 2017? Patut ditunggu karena masih akan ada beberapa film seram yang akan menghibur Anda, khususnya film horor Indonesia terbaru 2017. Bahkan, Thailand juga siap meluncurkan film horor Thailand terbaru yang diharapkan dapat menyaingi popularitas "Train to Busan". dari Korea. Di akhir bulan Juli 201, film "Zombie Fighter" bisa menjadi alternatif film seram sebagai hiburan di akhir pekan.

Hollywood sendiri belum mengeluarkan 'senjata pamungkas' karena masih banyak film horor yang akan dirilis hingga Desember 2017. Contohnya "Crucifixion" yang menghadirkan cerita horor dan misteri kematian biarawati yang terlibat dengan kegiatan pengusiran setan (exorcist). Belum lagi "Annabelle: Creation" yang siap membuat bulu kuduk Anda terus merinding di dalam gedung bioskop, bahkan hingga Anda sampai ke rumah.

film horor terseram

Sekuel film horor terbaru "Annabelle" yang sangat fenomenal ini diharapkan meraih kesuksesan serupa. Nantikan pula JIgsaw, film horor super seram yang telah diproduksi tahun 2016, akan hadir pada akhir Oktober 2017. Film horor terseram ini adalah sekuel kedelapan dari serial "Saw".

Jika Anda berniat menyaksikan semua film bioskop terbaru tersebut diatas, maka Anda bisa menilai apakah film horor Indonesia sanggup bersaing dengan film horor Hollywood.

Last edited 01 August 2017