Deretan Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Hingga 2017

Film Indonesia terbaik tak kalah apik dari film Box Office Hollywood. Apa saja film action terbaik, film perang terbaik, film komedi terbaik, dan film romantis terbaik versi Indonesia?

Dunia perfilman mengalami kebangkitan yang luar biasa karena regenerasi sineas tanah air ternyata berjalan di luar gambaran. Seolah masih segar dalam ingatan dimana film Indonesia terbaik yang beredar di bioskop pada tahun 80an kebanyakan adalah film horor dan film hantu.

Film komedi memang ada, namun hanya milik Warkop DKI. Selebihnya adalah film hot dengan genre drama yang kurang lebih mengandalkan adegan-adegan panas. Yang lebih menyedihkan adalah absennya film untuk anak-anak. Padahal, mereka sangat berkontribusi dalam meningkatkan penjualan tiket, mengingat mereka tidak mungkin menonton bioskop sendirian.

Perlu regenerasi tangan-tangan kreatif anak negeri jika ingin Indonesia kaya film berkualitas layaknya Hollywood dan Bollywood (film India). Tahun 2000 adalah awal munculnya film-film Indonesia terbaik yang belum pernah ada di tahun-tahun sebelumnya.

film terbaik sepanjang masa

Film berbagai genre untuk beragam kalangan usia hadir dengan cerita berkualitas. Contohnya saja "Petualangan Sherina" (2000), "Laskar Pelangi" (2008) dan sekuel-sekuelnya sesuai sekuel novel Andrea Hiratta, dan banyak lagi.

Bisa jadi, film-film tersebut adalah film terbaik Indonesia sepanjang masa karena berani menghadirkan tema berbeda dibandingkan dengan tema yang umum dan sedang 'tren' saat itu yakni film horor, romansa dan komedi slapstik. Langkah positif yang benar-benar harus dipertahankan jika film Indonesia ingin menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Meski film-film berkualitas terus diluncurkan, film terlaris di negeri ini masih berputar pada film drama berbalut nuansa religi-romansa. Masih segar dalam ingatan bagaimana film indonesia terbaik "Ayat-Ayat Cinta" besutan Hanung Brahmantyo sangat populer di tahun 2008. Popularitas film Indonesia ini mendorong para sutradara lainnya untuk memproduksi film-film serupa.

film indonesia terbaik

Film serupa yang juga tak kalah sukses adalah "Surga Yang Tak Dirindukan" yang sudah mencapai dua sekuel. Film ini berkisah tentang seorang pria yang memutuskan untuk berpoligami karena ia merasa bahwa ada sosok yang harus dilindungi. Sekuel pertama dirilis pada tahun 2015 dan tak perlu waktu lama untuk merilis sekuel kedua di tahun 2017. Keduanya laris manis.

Film Indonesia terbaik dengan genre drama romantis lainnya tak kalah populer adalah "Ada Apa Dengan Cinta" (AADC). Kisah cinta Rangga dan Cinta seolah tak pernah lekang oleh waktu. Saat dirilis pada tahun 2002, sang bintang utama diceritakan masih duduk di bangku SMA. Yang menarik, kisah cinta mereka di sekolah bukan seperti kisah asmara anggota geng anak orang kaya seperti layaknya sinetron kita.

film romantis terbaik

Lihat juga film Thailand romantis terbaru tahun 2017.

Rangga dan Cinta adalah siswa dan siswi teladan serta jauh dari kata flamboyan, kendati mereka berdua berhasil meraih prestasi terbaik karena punya otak brilian. Sekuel keduanya di tahun 2016 pun masih mendapat respon luar biasa. AADC dikategorikan sebagai film romantis terbaik sepanjang masa yang paling memikat banyak penonton dari generasi berbeda.

Pada dasarnya, Indonesia memiliki banyak sekali film terbaik, dalam berbagai genre, kecuali film kartun (animasi). Film komedi juga menjadi salah satu andalan para produser untuk menarik minat penonton. Siapapun tahu kalau icon film komedi Indonesia masih dipegang oleh Warkop DKI, baik versi 'asli' maupun versi reborn. Warkop DKI merajai perfilman Indonesia selama kurang lebih empat dekade. Sedangkan Warkop DKI Reborn menuai sukses di film perdananya tahun 2016.

Bisa jadi, film-film Warkop DKI dinobatkan sebagai film komedi terbaik, jika dilihat dari animo penonton. Bayangkan saja, film jadul Warkop DKI masih diputar di berbagai televisi swasta hingga kini, dan masih meraup jumlah iklan yang sangat besar.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 merupakan film terlaris di Indonesia dan bisa dikatakan menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa, dimana salah satu film indonesia terbaik ini meraih kurang lebih tujuh juta penonton. Tentu, jumlah tersebut hanya yang menonton film ini di bioskop.

film komedi terbaik

Tak terhitung berapa yang menonton lewat DVD originalnya karena penjualannya juga terhitung sangat fantastis. Karena itulah, tak perlu menunggu lebih dari setahun untuk menyaksikan Part 2, yang akan dirilis pada awal bulan September 2017.

Popularitas film dengan genre romansa dan komedi memang cukup tinggi di Indonesia. Apakah hal serupa berlaku pula bagi film action? Selama ini, popularitas film action terbaik anak negeri mungkin belum dapat mengimbangi film dengan genre serupa dari Hollywood. Namun, bukan berarti film action tanah air tak berkualitas.

Hingga kini, film action Indonesia mengalami kemajuan pesat, terutama dalam hal teknologi, meskipun film Indonesia dengan genre ini tak sepopuler drama romansa, terutama dengan bintang remaja. Salah satu film action terbaik dengan budget tinggi adalah "Headshot", yang dirilis pada 9 September 2016 dan berhasil mendapat respon positif di ajang Toronto International Film Festival. Film ini dibintangi oleh Iko Uwais dan Chelsea Islan

Iko Kuwais menjadi ikon film action tanah air. Latar belakangnya sebagai atlet silat nasional ia lengkapi dengan talenta akting yang luar biasa. Ia juga bukan tipe aktor aji mumpung karena tak semua tawaran main ia terima. Selain film indonesia terbaik tersebut diatas, ia membintangi Merantau (2009), The Raid (2011), dan The Raid 2 (2014). Semua film perang terbaik yang ia bintangi mendapat respon luar biasa dari pecinta film dengan genre ini.

film perang terbaik

Tahun 2017, film action tak terlalu banyak diproduksi kendati film yang akan rilis tahun ini merupakan film yang sudah diproduksi sejak dua atau tiga tahun lalu. Salah satunya adalah film perang "Ten - The Secret Mission". Inti cerita adalah misi rahasia untuk menyelamatkan negara, yang dilakukan oleh sepuluh wanita cantik nan seksi namun punya kemampuan bertarung yang sangat tinggi.

Film in sempat mendapat kritik karena 'mengandalkan' paras cantik saja. Padahal, semua aktris yang berperan disini telah digembleng sedemikian rupa untuk menampilkan jurus-jurus terbaik.

Di awal tahun 2017, film "Pertaruhan" dirilis. Film bioskop terbaru ini cukup diminati, terutama bagi penggemar dari Aliando Syarief, Adipati Dolken, Jefri Nichol, dan Giulio Parengkuan. Inti cerita sangat sederhana, yakni empat kakak beradik yang mencari uang untuk pengobatan ayahnya yang sakit keras, dengan cara bertarung.

Lalu, apa film terbaik 2016? Tentu sedikit membingungkan karena tahun tersebut melahirkan film dengan beragam genre. Jika kategori film terbaik adalah film dengan permainan watak yang kuat, maka gelar tersebut layak disandang oleh "My Stupid Boss".

film terbaik 2016

Lihat juga referensi film kartun lucu yang tayang di bioskop tahun 2017 ini.

Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari mampu berakting luar biasa dengan karakter yang tidak biasa secara sempurna. Apalagi, keduanya merupakan ikon dari film "Ainun dan Habibie", saat mereka harus melakukan totalitas akting yang tak main-main, yakni merepresentasikan kehidupan sosok yang sangat berpengaruh di tanah air.

Bagaimana menurut Anda? Apa film Indonesia terbaik versi anda?

Last edited 01 August 2017