Rekomendasi Film Kartun Lucu (Film Animasi Lucu)

film kartun lucu

Film kartun adalah film anak-anak terbaik yang selalu menarik untuk ditonton

Film kartun lucu sebenarnya bukan 'milik' anak-anak. Tak perlu malu mengakui kalau kita juga menyukai film kartun anak terbaru. Rintisan film kartun pertama adalah Walt Disney, dengan karakter-karakter yang sangat fenomenal seperti Donald Duck, Mickey Mouse, Daisy Duck. Tentu, teknologi animasinya sangat sederhana meski inti cerita yang dihadirkan sangat menarik, lucu dan pasti selalu bikin kangen.

Walt Disney juga sebagai pencetus film anak-anak berupa film animasi layar lebar dimana film "Snow White and The Seven Dwarfs" menjadi film animasi pertama yang disajikan di layar lebar di tahun 1937. Bukan hanya karakter komik Snow White yang diangkat menjadi film kartun anak, tetapi juga Cinderella, Pinocchio, Dumbo, Bambi, Alice in Wonderland, Peter Pan, dan Sleeping Beauty yang mungkin hanya dikenal oleh kita-kita yang kini berusia di atas 30 tahun.

film kartun pertama

Setelah itu, Walt Disney meluncurkan film kartun terbaru setiap tahun, termasuk film anak-anak yang sangat populer seperti "Pocahontas", "The Lion King", "Beauty And The Beast" di era tahun 90an.

Tahun 2002, Lilo & Stitch menjadi film terakhir bentuk animasi sederhana dua dimensi dan "Treasure Planet" menjadi film pertama dengan sentuhan teknologi 3D yang masih dipadukan dengan bentuk 2 dimensi.

Film kartun lucu Walt Disney tidak hanya mendominasi tetapi juga meraup banyak penghargaan di setiap tahunnya. Apalagi setelah Disney membeli saham Pixar, studio animasi komputer di tahun 2006. Alhasil, film kartun anak menjadi jauh lebih menarik. Film pertama yang diproduksi Pixar adalah "Toy Story", menyusul "Bug's Life" di tahun 1995 dan 1998. Film "Cars" menjadi film perdana yang digarap oleh Pixar setelah bergabung dengan Disney.

Memang, tidak semua film animasi lucu adalah produksi Pixar dan Disney. Namun, dominasi dari perusahaan ini tak dapat dielakkan lagi karena semua pemilik jaringan bioskop di seluruh dunia tak ragu untuk membeli hak tayangnya. Keuntungan besar selalu diraih karena jaminan jumlah penonton yang besar. Tentu karena penjualan tiket yang berlipat sebab penonton cilik bakal didampingi orang tua atau kakaknya.

Apa saja film animasi terbaik di setiap dekade?

Beauty And The Beast

Sebelum versi animasinya dirilis pada 22 November 1991, Disney sempat membuatnya di tahun 1930an meski tidak membuahkan hasil. Film anak-anak ini meraih pendapatan sebesar USD 425 juta dengan dana pembuatan sebesar USD 25 juta. Film ini memborong penghargaan dalam the Golden Globe Award dan menjadi film animasi lucu pertama yang dinominasikan dalam Academy Award.

The Lion King

film anak-anak

Lihat juga referensi film action terbaik dan film perang terbaik tahun 2017.

"The Lion King" dirilis pada 15 Juni 1994 dimana film kartun anak ini merupakan film Disney yang ke 32. Plot cerita yang apik dan sarat edukasi untuk anak-anak ini memborong penghargaan di ajang Academy Awards dan Golden Globe Award. Film ini juga berhasil meraih pendapatan tertingi di tahun 1994 dan menjadi film dengan pendapatan tertinggi kedua hingga saat ini. Rencananya, film ini akan dibuat ulang di tahun 2019.

Toy Story

Dirilis pada 22 November 1995, film ini meraih lebih dari USD373 juta di seluruh dunia, hanya dalam kurun waktu sepekan penayangannya. Tentu hal ini dikarenakan bentuk animasi yang berbeda dibandingkan film Disney lainnya.

Film ini juga kaya penghargaan, serta menjadi brand paling laris untuk berbagai macam merchandise. Hebatnya, dua sekuel berikutnya Toy Story 2 (1999) dan Toy Story 3 (2010) juga tak kalah sukses. Rencananya, Toy Story 4 bakal dirilis pada 2019.

Tangled

Dirilis pada 24 November 2010, film ini sempat akan diberi judul Rapunzel, sesuai dengan nama tokoh utamanya. Asal tahu saja, film ini membutuhkan waktu enam tahun dalam proses pembuatannya, dengan dana sebesar USD 260 juta, jumlah yang sangat besar untuk film animasi sehingga film ini menduduki peringkat kelima film kartun anak termahal yang pernah dibuat sepanjang sejarah.

Frozen

film kartun terbaru

Anda pasti setuju kalau Frozen merupakan salah satu film anak-anak terapik dari Disney. Tak perlu malu pula mengakui bahwa Anda dan anak-anak Anda pasti tak bosan menontonnya berulang-ulang, karena anak-anak dan orang tua mereka di AS dan Inggris juga melakukan hal yang sama.

Film yang dirilis pada 27 November 2013 ini mencatat rekor sebagai film terlaris di hampir semua negara di dunia, dengan pendapatan sebesar USD 1,3 miliar. Penghargaan bergengsi tak hanya diraih film ini dalam kategori film terbaik, tetapi juga soundtrack terbaik. Tentu Anda tahu soundtrack yang dimaksud. Rencananya, Frozen 2 akan dirilis pada 27 November 2019.

Di tahun 2017, ragam film kartun terbaru semakin banyak dan beragam. "Moana" menjadi film tersukses di tahun 2016. Sedangkan di bulan Maret 2017, "The Boss Baby" menggebrak dengan perolehan sebesar USD 494 juta dengan dana pembuatan yang 'hanya' sebesar USD 125 juta. Film kocak ini merupakan hasil adaptasi dari buku cerita anak dengan judul sama karangan Marla Frazee. Sekuel kedua dari film kartun anak ini bakal dirilis pada Maret 2021.

film kartun anak

Lihat juga daftar film romantis terbaik yang diproduksi oleh Indonesia, Thailand, atau India.

Tahun 2017 juga menjadi tahun dimana penggemar film kartun lucu produksi LEGO bisa menyaksikan dua film tentang karakter mainan ngetop ini dalam jangka waktu yang tak terlalu jauh. Lego Batman dirilis pada 10 Februari 201, sedangkan Ninjago telah dapat dinikmati di bioskop tanah air pada 22 September 2017. Keduanya merupakan produksi Warner Bros.

Namun sayangnya masih sangat jarang film Indonesia terbaru dan film India yang bergenre animasi mampu diproduksi sepenuhnya di Indonesia dan ditayangkan di bioskop. Kita nantikan saja film animasi karya anak bangsa untuk bisa menunjukkan kiprahnya di dunia perfilman Indonesia.

Saat ini film animasi terbaru yang paling ditunggu adalah "Despicable Me 3". Sekuel ketiga film animasi lucu produksi Universal Pictures ini mengandalkan kecanggihan teknologi animasi yang tak kalah dengan 'produk' Disney-Pixar. "Despicable Me" merupakan salah satu film kartun lucu yang menjadi sangat populer, terutama karena tokoh para minions yang memiliki ciri khas bentuk dan suara yang unik.

Satu film anak produksi Dreamworks yang tak patut diremehkan adalah "Captain Underpants: The First Epic Movie" yang langsung mendapat respon positif sejak dirilis pada 2 Juni 2017, dalam bentuk 2D dan 3D. Dengan perolehan sebesar USD 79 juta di seluruh dunia, film kartun terbaru ini memiliki keuntungan sangat besar karena dana pembuatan tergolong yang terendah dari semua film animasi dari DreamWorks Animation.

Film ini juga merupakan film terakhir dari DreamWorks Animation yang didistribusikan oleh 20th Century Fox karena tahun 2019 Universal Pictures yang akan mengambil alih hak distribusi melalui film "How to Train Your Dragon 3"

animasi lucu

Apakah berarti Disney tak lagi mendominasi di tahun 2017? Begitulah kenyataannya karena satu-satunya film terbaru Disney di tahun 2017 adalah film kartun lucu "Cars 3". Beruntung, sekuel ketiga film ini masih dapat menarik perhatian para penonton cilik yang gemar dengan mobil-mobil lucu yang bisa berbicara ini. "Cars 3" menjadi film keempat yang mendapat perolehan tertinggi.

Satu lagi film animasi terbaru dan terbaik adalah "Doraemon the Movie 2017: Great Adventure in the Antarctic Kachi Kochi". Siapapun tahu bahwa kucing robot peliharaan Nobita ini selalu menawarkan petualangan seru yang imajinatif sebagai film kartun lucu, namun tetap sarat unsur edukasi tanpa mengesampingkan sisi sebagai film komedi yang lucu dan menghibur. Film animasi lucu ini menjadi pilihan terbaik bagi penggemar Doraemon dari berbagai kalangan usia.

Film animasi memang tak akan kehilangan pesona bagi siapa saja, tanpa batasan usia, tidak seperti film hot atau film hantu yang hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Karena itulah, para pecinta film kartun lucu berharap bahwa persaingan antara produser film animasi tak pernah berhenti.

Last edited 01 August 2017