Film Komedi Lucu Apa Saja Yang Bisa Bikin Tertawa Berguling-Guling?

film lucu

Jangan dikira film lucu (komedi) tak sepopuler film action. Tak jarang, film komedi juga menggunakan dana cukup besar untuk pembuatannya. Biasanya, film animasi dengan teknologi tinggi memang menguras budget meskipun ada 'jaminan' bahwa film kartun lucu berteknologi tinggi dengan karakter yang sudah sangat populer pasti meraih perolehan tiket sangat besar.

Film komedi Hollywood adalah salah satu buktinya. Siapa yang menyangka bahwa film-film animasi lucu buatan Disney bisa mengalahkan budget film drama atau film action terbaik yang dibintangi aktor dan aktris ternama? Dana yang dibutuhkan untuk membuat film kartun saja bisa mencapai lebih dari USD 200 juta meski perolehannya bisa sampai tiga kali lipat. Jumlah tersebut untuk animasi dengan teknologi 4D seperti "Toy Story". Sedangkan film kartun animasi seperti "Frozen" atau "Moana", kurang lebih butuh USD 150 juta.

Hal ini terkait dengan pengunaan perangkat keras dengan piranti lunak yang super canggih, serta honor dari teknisi komputer, serta energi listrik yang digunakan. Belum lagi honor para pengisi suara yang pastinya aktor dan aktris Hollywood. Karena itulah, menonton film lucu (komedi) produksi Hollywood pasti tak mengecewakan.

film komedi

Tahun ini, film lucu yang menghibur pecinta bioskop kita lumayan jumlahnya. Beberapa dari film bioskop terbaru tersebut adalah film animasi. Namun demikian, film animasi untuk anak kerap juga menghibur penonton dewasa. Contohnya Despicable Me 3.

Hingga tanggal 18 Juli, yakni sepekan setelah rilisnya, film ini telah mencapai perolehan sebesar USD 188,4 juta, lebih besar daripada The Boss Baby yang 'hanya' mencapai USD174,2 juta di Amerika Serikat saja. Pantaslah kalau film ini menjadi film komedi terbaik tahun ini, meskipun masih ada lagi satu film yang juga memiliki genre komedi.

"The Boss Baby" juga masih melekat di hati para penonton, bukan hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Meski sudah tak ditayangkan di bioskop, film ini merupakan salah satu film yang menjual hak siar untuk Video On Demand di berbagai saluran televisi berbayar. TIdak hanya itu, penjualan merchandise, sekaligus klip iklan dengan karakter utama si Boss Baby yang menggemaskan serta kadang bikin gregetan itu.

film komedi terbaru

Film action "Baywatch" juga bisa dikatakan merupakan salah satu film komedi terbaru yang sukses dalam raihan penjualan tiket. Hanya saja, jumlahnya lebih sedikit ketimbang "Despicable Me 3" karena film ini memiliki batasan usia untuk penontonnya.

"Baywatch" diminati oleh dua generasi, yakni generasi muda sekarang yang menggemari Dwayne Johnson dan penggemar serial film hot "Baywatch" di tahun 90an. Selain kisah yang kocak, daya tarik film ini ada pada si cantik super seksi, Priyanka Chopra.

Jangan lupa, tahun 2017 juga menjadi tahun penting bagi "Pirates of the Carebbian: Dead Men Tell No Tales". Sekuel kelima ini masih menghadirkan si bajak laut kocak, Jack Sparrow, yang masih diperankan oleh aktor watak ternama, Johny Depp. Seperti halnya sekuel-sekuel sebelumnya, keuntungan dengan jumlah fantastis masih diraup oleh film ini, dimana film produksi Disney ini meraih lebih dari USD 754 juta dan menduduki peringkat kelima film dengan pendapatan tertinggi di tahun 2017.

Film-film tersebut diatas hanyalah sebagian kecil dari film komedi yang dirilis resmi oleh Hollywood. Beberapa film yang belum disebutkan kemungkinan masih akan ditayangkan pada tahun 2018 seperti "A Wimp Will Rise" yang merupakan sekuel komik beken si bocah tengil alias The Wimpy Kid.

film komedi indonesia 2018

Film komedi lainnya yang harus dinantikan agak lama adalah "The Little Hours" yang mengisahkan tentang seorang buruh yang menyamar sebagai suster biarawati karena dikejar-kejar majikannya yang kejam.

Tentu, film komedi Indonesia tak boleh dianaktirikan. Indonesia tak pernah kekurangan film lucu. Kebangkitan komedi kreatif yang tak lagi mengandalkan adegan slapstik dimulai setelah era "Stand Up Comedy" yang diprakarsai oleh para komedian muda berbakat.

Di tahun ini, "The Guys" menjadi salah satu film lucu Indonesia yang cukup diminati. Pemeran utamanya adalah Raditya Dika, 'tokoh' "Stand Up Comedy" yang memang tampil dengan guyonan cerdas yang tak pernah basi.

film komedi indonesia

Ia berperan sebagai seorang karyawan yang berambisi ingin menjadi bos, karena ingin menarik perhatian karyawati cantik yang tak mungkin meliriknya karena jabatan rendah yang tengah disandangnya. Unsur kocak film ini adalah saat teman-temannya mengupayakan dirinya untuk menjadi bos.

Satu lagi film komedi lainnya adalah "Stip dan Pensil". Film ini juga menghadirkan tokoh utama, Ernest Prakasa, yang memulai karirnya di "Stand Up Comedy". Kisahnya unik dan tak melulu menyuguhkan adegan-adegan membosankan, tetapi justru membuka mata kita bahwa banyak sekali anak jalanan yang tak bisa bersekolah karena tekanan lingkungan, kendati mereka kerap diberi kesempatan untuk menimba ilmu.

Sedangkan film komedi romantis yang cukup disuka tahun ini adalah "Bukaan 8". Film yang ditayangkan pada awal tahun ini mengisahkan tentang seorang suami yang harus siap menjadi ayah, karena tuntutan mertua yang kesal karena dirinya lebih sering fokus pada jejaring sosial dan mengunggah status serta foto-foto yang tidak penting.

Film komedi Indonesia di 2017 cukup lumayan jumlahnya. Tetapi, satu film yang diprediksi bakal menuai sukses besar adalah "Warkop DKI: Reborn: Jangkrik Boss!" part 2.

film lucu indonesia

Prediksi ini tak berlebihan karena sekuel pertama juga mendapatkan respon yang sangat positif. Kemungkinan besar calon film Indonesia terbaik 2017 ini dapat mengalahkan rekor jumlah penonton di sekuel sebelumnya. Tokoh Dono, Kasino, Indro yang kocak namun lebih sering 'ngeselin' ini yang menjadikan film ini selalu disuka.

Akankah film-film lucu Indonesia tersebut berhasil melampaui rekor "My Stupid Boss"? Film yang dirilis pada 19 Mei 2016 ini berhasil menjaring lebih dari tiga juta penonton di bioskop saja, dan belum terhitung dari situs film streaming serta YouTube.

Daya tarik film ini adalah kehadiran Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari yang tak lagi menjadi pasutri seperti dalam film romantis "Ainun dan Habibie", tetapi sebagai bos dan bawahan yang sering berselisih pendapat.

film lucu indonesia 2016

Last edited 01 August 2017