Mana Yang Lebih Bikin Baper: Film Romantis Indonesia atau Film Barat Romantis?

film romantis indonesia

Rekomendasi film romantis Indonesia dan film Barat romantis terbaru 2017

Sama halnya dengan film perang, film romantis juga bisa seru dan bikin terharu. Di Indonesia, film romantis yang lebih diminati adalah film romantis Indonesia. Mungkin karena ceritanya simpel dan lebih 'membumi' ketimbang film-film Hollywood dengan genre yang sama.

Apalagi, film drama Hollywood sering kali memiliki muatan dialog yang panjang dan rumit. Akan tetapi, banyak film Holllywood yang mendapatkan atensi besar dari pada penonton kita, terutama film-film yang sarat dengan adegan romantis serta plot cerita mengharu biru.

Siapapun yang menggemari film-film romantis (baik itu film romantis Indonesia maupun barat), mungkin mereka wajib membaca artikel ini karena mungkin ada beberapa film yang belum mereka tonton. Apa saja film drama romantis tersebut?

Beauty And The Beast

film romantis

Tak diragukan lagi, film bioskop terbaru ini tidak hanya merajai peringkat pertama film terlaris tahun ini, tetapi juga memiliki jumlah penonton tertinggi, baik di bioskop, YouTube, serta situs-situs streaming film di internet. Entah mengapa film barat romantis ini menarik perhatian sejak sinopsisnya dibicarakan di jejaring sosial, apalagi di kalangan remaja.

Pasalnya, versi asli dari "Beauty And The Beast" sangat populer di era 80an hingga 90an. Namun, atensi para remaja untuk menyaksikan film super romantis yang juga mengharukan ini sangatlah besar. Bisa jadi, nama Emma Watson menjadi daya tariknya dimana ia sangat populer melalui film Harry Potter.

Siapapun yang menonton film ini tidak akan menyesal karena film romantis ini mendapat respon positif dari pengamat film, mulai dari chemistry Emma Watson and Dan Stevens, efek visual, musik dan juga kostum. Satu-satunya kritik adalah karena film barat romantis ini sama persis dengan cerita aslinya. Yang jelas, "Beauty And The Beast" menjadi film musikal dengan pendapatan tertinggi, film terlaris di tahun 2017, serta berada di peringkat ke 10 dari film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

FIfty Shades Darker

film drama romantis

Bagi mereka yang telah menonton sekuel pertamanya, film hot "Fifty Shades of Grey" di tahun 2015. Kisah asmara panas antara Christian Grey dan Anastasia Steele masih berlanjut, kendati hubungan mereka sedikit mengalami gejolak di sekuel kedua ini. Kritikus film Hollywood tak menganggap film barat romantis ini--baik sekuel pertama dan kedua--ebagai sebuah karya dengan sentuhan seni yang tinggi, meskipun novel aslinya memiliki nilai sastra luar biasa.

Namun demikian, pendapat kritikus tak diamini oleh para penonton yang penasaran bagaimana novel erotis "Fifty Shades of Grey" dan "Fifty Shades Darker" diwujudkan dalam media audio dan visual. Terbukti, kedua sekuel film barat romantis ini mendapat keuntungan berlipat.

Before I Fall

Film yang disadur dari sebuah novel dengan judul yang sama ini mendapat apresiasi besar, terutama bagi para remaja. Yang menarik dari drama ini bukan sekedar kisah cintanya, melainkan hal-hal supranatural yang menghiasi hubungan cinta antara tokoh utamanya. Dengan dana pembuatan film sebesar USD 5 juta, film romantis yang dibintangi oleh Zoey Deutch, Halston Sage, dan Logan Miller ini sudah meraup perolehan tiga kali lipat selama penayangannya di bioskop.

film barat romantis

Film-film tersebut adalah film drama dengan genre romansa yang ada di tahun 2017. Memang tak banyak pilihan, karena mayoritas film di tahun ini adalah film action, terutama dengan karakter super hero. Jika kita sedikit mundur ke belakang, tahun 2016 juga masih didominasi oleh film horor, film action, dan film hantu. Tetapi ada satu film barat romantis yang cukup diminati saat itu, yakni "Allied".

Mungkin Anda juga sudah menontonnya. Kisah romantis antara sepasang kekasih yang sama-sama agen rahasia ini sangat romantis meski rumit. Latar belakang historis tak berpengaruh kepada kecantikan plot cerita. Yang tak menyukai film ini pastinya adalah penggemar berat Angelina Jolie, yang ikutan sakit hati karena cinta lokasi antara Brad Pitt dan Marion Cotillard.

Ok, film romantis terbaik Hollywood tersebut diatas bersaing dengan beberapa film romansa dari anak negeri. Di Indonesia, film drama dengan genre romansa menjadi jawara di dua tahun terakhir. Mayoritas dari film-film tersebut adalah film yang disadur dari novel atau wattpad, dengan judul terlaris. Mereka adalah:

Critical Eleven

Novel karya Ika Natassa dengan judul serupa sangat laris di pasaran. Kabarnya, novel terjual habis dalam 11 menit saat pertama kali dirilis. Tak mengherankan, produser Chand Parwez Servia tak khawatir rugi dalam mewujudkannya sebagai film romantis Indonesia, apalagi dengan sutradara sekaliber Monty Tiwa dan Robert Ronny. "Critical Eleven" semakin cemerlang karena dibintangi oleh aktor watak Reza Rahadian serta aktris multi talenta, Adinia Wirasti.

Surga Yang Tak Dirindukan 2

film drama

Film Indonesia bertema religi memang tengah banyak diminati. Setelah sekuel pertama "Surga Yang Tak Dirindukan" laris manis di pasaran pada tahun 2015, sekuel keduanya sudah dinantikan dengan sangat antusias, bahkan saat pembuatan film masih direncanakan. Rupanya, banyak penonton yang baper saat menyaksikan pengorbanan tokoh Arini yang tak mempermasalahkan keputusan suaminya, Prasetya, untuk berpoligami.

Bahkan, di sekuel kedua, Arini justru meminta Meirose untuk kembali, meski ia sudah lama berpisah dengan Prasetya. Pro dan kontra dari pendapat netizen beragam. Namun yang terpenting, film romantis Indonesia ini menjadi salah satu film terlaris di tahun 2017 dan berpeluang menjadi kandidat film Indonesia terbaik 2017.

Galih dan Ratna

Kisah cinta di SMA memang sangat mengesankan, terutama di era tahun 80an. Tak heran, film "Gita Cinta dari SMA" yang lahir di tahun 1979 menjadi film paling romantis--pada masanya. Galih adalah seorang siswa SMA yang harus mewujudkan cita-cita yang didambakan ibunya, yakni menjadi siswa cerdas dengan mengesampingkan keinginannya untuk mencipta lagu.

Pertemuannya dengan Galih membangkitkan semangat Galih. Tentu, akan ada greget dalam cerita ini saat mereka menemui jalan buntu dalam hubungan mereka karena masing-masing dari mereka masih mempertahankan ego. Saksikan selengkapnya film romantis Indonesia yang tayang tahun 2017 ini.

Dear Nathan

film romantis indonesia 2017

Novel wattpad terlaris karya Erisca Febriani.ini menjadi salah satu film terlaris di tahun 2017. Tentu, para penggemarnya adalah para remaja yang sangat menyukai kisah cinta yang manis, yang sering mereka alami dalam kehidupan sehari-hari. Inti ceritanya juga natural dan tak berlebihan, serta akting keduanya yang terlihat menyatu dengan karakter mereka sebagai siswa sekolah. Tentu, peran Amanda Rowles dan Jefri Nichol menjadi daya tarik utama film drama romantis ini.

Apakah Anda sepakat bahwa film romantis Indonesia dan film barat romantis tersebut diatas adalah film romantis yang paling bikin baper? Atau Anda punya pendapat lain?

Last edited 01 August 2017