Rekomendasi Film Thailand Terbaru dan Terbaik (Romantis, Horor, dan Komedi Lucu)

film thailand

Film Thailand Dari Berbagai Genre Sama Sekali Tidak Mengecewakan

Gaung film Thailand terbaru mungkin tak sekencang film-film dari daratan Asia lainnya seperti Hongkong, India atau Tiongkok. Tetapi, banyak film dari negeri tetatangga kita ini yang mendapat banyak penghargaan di berbagai ajang perfilman dunia. Di Indonesia, film Thailand baru ditayangkan di bioskop kurang lebih enam tahun terakhir. Mayoritas dari film Thailand terbaik adalah film action dan film horor.

Sejarah perfilman di negeri ini sebenarnya jauh lebih lama ketimbang Indonesia. Bayangkan saja, film pertama diproduksi di tahun 1923, yakni "Miss Suwanna of Siam". Dulunya, memang kerajaan Thailand bernama Siam. Setelah itu, produksi film di Thailand berjalan cukup bagus meskipun tidak terlalu produktif karena beberapa film baru diperkenalkan kepada publik pada tahun 1933.

Mayoritas film Thailand memiliki genre action, terutama sejak awal bangkitnya perfilman Thailand hingga tahun 80an. Setelah itu, muncullah film berbagai genre, terutama film drama romantis Thailand, atau tentang kehidupan sosial.

Beberapa film Thailand terbaru sempat sangat populer--tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia--dikategorikan sebagai film Thailand terbaik. Pada umumnya, kategori terbaik disandang oleh film yang menghadirkan kehidupan sosial seseorang, ataupun kisah nyata dari perjuangan kaum yang terpinggirkan di negara yang berbentuk kerajaan ini.

film horor thailand

Namun, jangan salah. Yang jauh lebih menarik untuk dibahas adalah film horor Thailand. Jangan sampai deh kita nonton sendirian karena memang Thailand terkenal dengan film-film seram dengan 'level' luar biasa, tak kalah seram dengan film hantu Indonesia. Jika Anda adalah penggemar film-film horor tetapi Anda belum sempat menyaksikan satupun film horor dari negeri ini, maka tingkat keberanian Anda belum teruji benar.

Salah satu film horor Thailand terseram adalah "The Eye". Film ini memang cukup lawas dan dirilis lima belas tahun lalu. Tetapi, pastikan Anda mencari DVD atau VCD nya dan Anda bisa buktikan bahwa film ini benar-benar bikin ngeri. Film ini sempat diputar di AS dan berbagai negara di Eropa dan mendapat respon sangat positif. Itu hanya salah satu contoh film horor Thailand terbaik.

film thailand terbaru

Tetapi, jika Anda tak ingin menonton film yang terlalu lawas karena susah dicari, mungkin Anda bisa coba menonton "Siam Square", film yang dirilis tahun 2017 ini. Film Thailand ini menghadirkan petaka yang dialami oleh sekelompok siswa yang ingin mematahkan mitos yang mengatakan bahwa semua siswa bisa lulus ujian akhir nasional apabila mereka menyembah iblis serta mengikat benang merah di kursi tertentu. Alih-alih membuktikan bahwa mitos itu tidak benar, mereka justru meninggal satu per satu dengan cara yang sangat mengenaskan.

Film Thailand terbaru dengan genre horor cukup mendominasi tahun 2017. Selain "Siam Square", hadir pula "School Tales". Film ini telah ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia pada pertengahan Januari lalu. Sesuai judulnya, film horor Thailand ini mengisahkan tentang pengalaman para anak sekolah yang menghabiskan malam di sekolah setelah berlatih marching band.

Mereka tahu bahwa sekolah mereka terkenal angker di malam hari. Mereka mencoba untuk berani menghadapi malam panjang nan mengerikan tersebut. Padahal, mereka tahu siapa yang sebenarnya mereka tantang, yakni hantu legendaris di sekolah tersebut.

Jika Anda sudah bosan dengan film horor Thailand, mungkin Anda juga ingin menikmati genre lain. Tak ada salahnya menonton "Bad Genius". Film terbaru dengan genre thriller ini merupakan film Thailand terbaik tahun ini. Berjudul asli "Chalard Games Goeng", film Thailand terbaru ini mengisahkan tentang seorang siswi super brilian yang memiliki metode mencontek level tinggi. Metode yang ia miliki ini sebelumnya hanya ia gunakan sendiri.

film thailand terbaik

Tetapi, setelah ia membagi rahasia ini kepada salah satu sahabatnya, maka sahabatnya pun membocorkan hal ini kepada kekasihnya, dimana hal ini membuat metode ini diminati oleh banyak orang berduit yang ingin lulus dalam berbagai ujian. Metode rahasia inipun tersebar hingga ke luar negeri dan membuat si pembuat metode cukup kaya raya karena ia tak memberi rumus tersebut secara cuma-cuma.

"Bad Genius", salah satu film Thailand terbaik ini menduduki peringkat pertama film terlaris di Thailand selama dua minggu dan meraup lebih dari 100 juta baht. Hal ini sekaligus membuat film yang disutradarai oleh Nattawut Poonpiriya ini sebagai film Thailand dengan pendapatan tertinggi pada 2017.

"Bad Genius juga terpilih sebagai film pembuka dalam kancah New York Asian Film Festival ke 16, dimana film ini meraup penghargaan dalam kategori FIlm Terbaik, serta Aktris Pendatang Baru Asia Terbaik bagi sang aktris utama, Chutimon.

Soal romantisme, Thailand mungkin tak sama dengan Korea yang kerap memproduksi film dengan genre romansa. Satu-satunya film Thailand romantis di tahun 2017 adalah "Present Perfect". Film Thailand terbaru ini dapat dipastikan tak tayang di Indonesia karena mengandung unsur homoseksual karena kisah romantis dalam film ini adalah hubungan sepasang pria yang saling mencintai.

film thailand romantis

Memang tak ada adegan vulgar dalam film hot ini. "Present Perfect" mengisahkan tentang seorang pria yang patah hati dan meninggalkan kampung halamannya. Dalam petualangannya itu, ia bertemu dengan seorang pria yang hendak mengakhiri masa lajangnya. Semakin hari, keduanya semakin akrab dan tak ingin kehilangan satu sama lain.

Jika Anda ingin menyaksikan film Thailand romantis yang 'sebenarnya', "One Day" bisa menjadi alternatif. Memang, film ini sudah dirilis pada 2016. Hanya saja, film Thailand terbaru 2016 ini masih menjadi tontonan terfavorit di situs-situs film streaming. Ceritanya cukup unik dan mengharukan. Kisah seorang teknisi IT yang jatuh cinta berat dengan teman kuliahnya.

Namun, ia tak punya keberanian untuk mengungkapkan hal ini. Ia hanya bisa berdoa dalam hati untuk dapat menghabiskan sehari saja bersama wanita pujaannya. Doanya terjawab dimana ia dapat berpura-pura menjadi kekasih sang pujaan hati yang hilang ingatan setelah mengalami kecelakaan setelah bermain ski. "One Day" meraih banyak penghargaan untuk plot cerita, sutradara, aktor, aktris, dan sinematografi terbaik.

Bagaimana dengan film komedi Thailand? Adakah serupa dengan film-film komedi lucu dari negara-negara Asia pada umumnya? Anda dapat memberi penilaian dari beberapa film Thailand lucu yang sudah pernah dirilis sejak dua tahun lalu. Pasalnya, Thailand jarang sekali memproduksi film komedi.

film komedi thailand

Di tahun 2017, ada film Thailand terbaru "Suddenly Twenty". Kisahnya? Anda mungkin pernah menonton "Sweet 20", film Indonesia terbaru yang rilis pada 25 Juni 2017, dimana film Thailand lucu ini adalah versi Indonesia dari "Suddenly Twenty". Ceritanya pasti sudah Anda ketahui dimana seorang ibu berusia lanjut yang kesal karena sang anak yang sangat dibanggakannya justru akan menaruhnya di panti jompo. Ia berubah menjadi seorang gadis usia 20an setelah memasuki studio foto dan terkena cahaya misterius dari dalamnya.

Beberapa film Thailand terbaik mempertahankan judul dalam bahasa asli dimana mereka tak ditayangkan di bioskop tanah air. Tetapi, kita dapat dengan mudah mengaksesnya di situs-situs film streaming. Anda pasti terhibur dengan ragam genre film Thailand terbaru tersebut.

Last edited 01 August 2017