Jadwal Indosiar - Mamamia. Indosiar boleh dikatakan sebagai stasiun televisi pertama yang sukses menayangkan ajang pencarian bakat dengan kefenomenalan Akademi Fantasi Indosiar (AFI) musim pertama dan kedua tahun 2003- 2004. Program pencarian bakat yang diadaptasi dari televisi Meksiko bertajuk La Academia ini waktu itu menjadi ajang pencarian bakat pertama sekaligus menjadikan Indosiar sebagai trendsetter bagi stasiun televisi lain yang akhirnya memproduksi ajang pencarian bakat seperti RCTI dengan Indonesian Idol, Trans TV dengan Indonesia Mencari Bakat, TPI atau MNCTV dengan Kontes Dangdut Indonesia (KDI).

Jadwal Acara TV mamamia

Namun kepopuleran AFI semakin menukik tajam setelah kemunculan berbagai ajang bakat baru yang lebih menarik sehingga membuat tim produksinya menghentikan program tersebut di tahun 2006. Pasca berhentinya AFI, di tahun 2007 Indosiar kembali menayangkan program acara TV pencarian bakat terbaru yang diberi nama Mamamia Show. Ajang bakat kali ini disadur dari program televisi Amerika Serikat berbahasa Spanyol, Telemundo berjudul Quincanera. Mamamia sekaligus menjadi acara pengganti AFI di kategori ajang pencarian bakat.

Mamamia, Bersama Mama menjangkau Dunia

Berbeda dengan ajang pencarian bakat lainnya, yang umumnya digeneralisasi bagi semua umur dan gender asalkan memiliki bakat. Mamamia hadir untuk remaja putri saja dan didampingi oleh Ibu masing-masing untuk selanjutnya berperan sebagai manajer dan berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah sebesar 100 juta rupiah. Jadi Mamamia menjadi kompetisi dengan paket lengkap yakni artis dan manajernya. Di babak pertama, ajang ini dibawakan oleh presenter Ruben Onsu dan Steny Agustaf serta panel juri diisi oleh Helmy Yahya, Arzeti Bilbina, Sophia Latjuba dan Ahmad Dhani. Tampil sebagai ajang bakat yang berbeda, Mamamia Show cukup banyak menuai perhatian penonton hingga beberapa kali ampuh memimpin perolehan rating mengulangi kejayaan Akademi Fantasi di musim pertama dan kedua.

Ekspektasi penonton yang besar pada acara televisi ini juga didukung oleh talenta ke-13 kontestasnnya di musim pertama dari berbagai latar belakang yang memang sengaja diekspos. Contohnya Ajeng, salah satu peserta yang merupakan seorang pengamen dan Fiersha yang seorang tuna netra. Musim pertama dimenangkan oleh Paramytha Lestari Mulyarto yang menyingkirkan pesaingnya, Margareth Siagian di grand Final yang digelar pada 11 September 2007. Setelah menjadi alumnus Mamamia, Paramytha Lestari Mulyarto yang akrab disapa Mytha menjadi pengisi soundtrack sebuah sinetron berjudul Arti Sahabat di Indosiar.

Sementara itu, Margareth Siagian yang menjadi runner up pernah berduet dengan Rio Febrian merecycle lagu lawas Karisma Cinta. Musim pertama Mamamia sekaligus menjadi musim terbaik sepanjang diselenggarakannya ajang bakat ini.

Melihat kesuksesan musim pertama, pihak Indosiar kembali menayangkan Mamamia musim kedua di tahun 2008. Sayangnya penonton sepertinya mulai bosan dengan konsep yang diusung apalagi kemampuan olah vokal kontestannya semakin menurun dan kalah saing dengan ajang pencarian bakat di stasiun televisi yang lain. Musim kedua berhasil mengeluarkan Maria Anggreini Grace Kelly Habeahan sebagai pemenang setelah mengalahkan Williana di grand final yang digelar 18 Juli 2008.

Setelah pelaksanaan musim kedua, rating Mamamia semakin menurun di musim ketiga. Hingga akhirnya dihentikan pada tahun 2009 dan kembali dilaksanakan pada 2010 di musim ketiga. Sayang, Mamamia tetap saja tak mampu melampaui kesuksesan musim pertamanya dan bahkan semakin merosot setiap tahunnya. Pada 2014, Mamamia kembali dicoba dan tetap saja tak mampu memperbaiki performanya. Apalagi saat bersamaan, RCTI menayangkan Indonesian Idol, Rating Mamamia Showpun semakin memburuk.

Jika melihat kesuksesan kontestan yang lahir dari ajang ini memang tidak terlalu banyak atau menonjol. Para juara-juara di tiap musimnya hanya bertahan dalam waktu singkat dan tidak banyak yang diingat. Dara, seorang kontestan di musim kedua bisa dibilang alumni paling sukses setelah direkrut Ahmad Dhani ke dalam duo Virgin yang hingga kini masih eksis. Belakangan Williana aktif sebagai bintang iklan dan Maria juara musim kedua kini tengah banyak muncul di televisi mempromosikan singlenya berjudul ‘Dengarkan Aku’. Minimnya prestasi alumnusnya mungkin menjadi salah satu faktor ditinggalkannya program ini.

Tahun ini, mamamia kembali digelar di Indosiar dan ditayangkan setiap hari jumat pada pukul 19.00. Lalu siapakah pemenang Mamamia Show untuk tahun 2015 ini? Kita Tunggu saja…

Last edited 29 June 2015