Jadwal TV - Trans 7 memang terkenal sebagai pioner dalam membuat program acara televisi bertemakan outdoor terutama seputar petualangan. Salah satu program acara berbau outdoor ini adalah “Si Bolang Bocah Petualang” yaitu sebuah karya besar yang terus menerus digemari oleh para orang tua dan anak-anak. Bolang sendiri mulai disiarkan melalui layar kaca pada tahun 2005 dan sejak saat itu pula pemirsa dari segala usia menggandrunginya. Bahkan pada tahun pertama penyiarannya, pada 2006, program yang dirancang sebagai acara semidokumenter ini berhasil meraih rating kedua dengan poin share 18 persen. Angka yang cukup fantastis bagi sebuah program acara TV anak-anak di Indonesia.

Saya Belajar Dari Si Bolang Bocah Petualang Trans7

jadwal tv si bolang trans7

Seolah menjadi wabah, Bolang pun menyusup dari satu kampung ke kampung lain untuk mengeksplore keindahan dan kekhasan daerah tersebut. Bahkan Bolang sudah menjadi ikon anak-anak yang senantiasa hadir di baju, topi, tas atau perangkat anak-anak lainnya. Di sebuah kampung salah satu sudut kota Semarang juga terdapat tim sepakbola usia dini bernamakan “Si Bolang”. Sungguh demam Bolang yang fantastis. Kini Si Bolang Bocah Petualang Trans7 ditayangkan setiap Senin sampai Jumat pukul 13.15 sampai 13.45 ditengah-tengah program acara televisi anak-anak lainnya yang tidak kalah menarik seperti Dunia Binatang dan Laptop Si Unyil.

Si Bolang dikisahkan sebagai seorang anak-anak yang lugu (biasanya terdiri dari empat anak-anak) dari daerah tertentu dan melakukan petualangan di daerah sekitar tempat huniannya, berpetualang di daerah pantai ataupun blusukan di dalam hutan serta mereka akan melakukan aktivitas sehari-hari yang dilakukan di kampung tersebut dengan Bolang sebagai pemimpin. Si Bolang biasanya ditandai dengan bocah yang menggunakan semacam syal yang dibelitkan baik di kepala atau di leher bertuliskan “Si Bolang Bocah Petualang”.

Program Si Bolang ini ditujukan untuk menjalin interaksi lebih dekat anak-anak di seluruh Indonesia dengan budaya dan alam di sekitarnya, bagaimana cara anak-anak dapat melestarikan alamnya, budayanya, dan melakukan permainan tradisional menggunakan bahan dari alam. Tidak jarang dalam melakukan petualangan dan perjalanan, Bolang akan ditemani manusia dewasa yang bertugas menyelesaikan masalah-masalah tertentu seperti pada salah satu episode dimana Bolang masuk angin lalu seorang ibu menerapi Bolang dengan meletakkan beberapa ekor lintah kecil di punggung Bolang, sebuah keunikan yang jarang sekali ditemukan di kota-kota besar. Sisi human interest Si Bolang ketika menghadapi sebuah permasalahan ditampilkan begitu dinamis dalam film semidokumenter ini.

Banyak alasan kenapa Si Bolang Trans 7 ini sangat disukai hingga hari ini, diantara alasan tersebut adalah program acara televisi Si Bolang memiliki gambar yang bening sebagai sebuah film semidoumenter karena acara Si Bolang memang dikerjakan secara serius dengan mengutamakan teknologi digital sehingga timbullah sajian televisi yang memiliki kualitas High Definition (HD). Program acara TV Si Bolang juga menggunakan beberapa kamera pada tiap scene nya sehingga peralihan ke setiap adegannya diedit secara rapi dan cermat yang membuat penonton serasa terlibat dalam setiap peristiwa yang direkam.

Para pemeran juga dipilih yang tidak mudah canggung, mereka tampil apa adanya seolah benar-benar berbincang dengan teman di kehidupan sehari-harinya. Mereka bahkan berbincang tanpa teks, tanpa naskah yang menghafal sehingga terlihat benar-benar alami bahkan saat adegan sekelompok anak kampung yang sedang berdebat plus suara narator anak-anak yang berperan menuntun para pemirsa menyusuri setiap adegannya secara menggemaskan. Tema yang diangkat pun dekat sekali dengan kehidupan anak-anak, Si Bolang dapat memainkan permainan tradisional atau permainan lain dengan menggunakan sepeda dari kayu, menumpang truk ketika menempuh perjalanan jauh sementara waktu senja akan tiba, atau membantu melepaskan burung-burung yang terjebak oleh jebakan pemburu. Si Bolang benar-benar mengajarkan bagaimana anak-anak seharusnya belajar mandiri dan cinta alam sejak usia dini.

Sesuai dengan lirik lagu Si Bolang, acara ini dibuat untuk mendidik anak-anak menjadi pemberani jika benar, selalu bersemangat dalam berbuat kebajikan, tidak pernah malu bertanya jika tidak mengerti, mampu menjadi pemimpin teman-temannya, membuat sesuatu yang berguna dari alam dan ikut melestarikan alam bahkan jikan perlu lumpur dan getah dapat menjadi pewarna pakaian, akar dan umbi menjadi pelepas rasa dahaga di rimba belantara, bersifat penyayang baik kepada hewan, tumbuhan dan manusia. Si Bolang, bocah Indonesia yang berasal dari seluruh suku di Indonesia juga mengajarkan selalu riang dan penuh semangat sebagaimana ciri khas bocah Indonesia sejati.

Trans 7 diapresiasi sebagai salah satu stasiun televisi swasta yang peduli terhadap perkembangan pola pikir anak-anak dimana Trans 7 mampu menyajikan tayangan untuk anak-anak yang berkualitas dan hendaknya produk dalam negeri semacam Si Bolang Trans 7 ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat di tanah air sehingga produk dalam negeri ini tidak tenggelam di tengah gerusan mental yang dihasilkan sajian-sajian tontonan asing dan keegoisan program acara bagi pemirsa televisi dewasa.

Program semacam Si Bolang inilah yang harus dipertahankan. Durasi yang hanya berkisar 30 menit memang dirasa kurang panjang apalagi belum dikurangi oleh waktu iklan yang hadir ditengah-tengah jeda acara ini sehingga perkiraan acara Si Bolang hanya memiliki waktu tayang sekitar 20 menit saja. Sayangnya acara untuk anak-anak ini justru diputar saat tengah hari dimana banyak anak-anak sekolah yang kemungkinan besar belum pulang ke rumah.

Demi dunia anak-anak yang penuh imajinasi dan tawa, masa dimana seseorang memiliki pengalaman luar biasa, program Si Bolang dan teman-temannya mohon jangan dibuang.

Last edited 29 June 2015