Hasil Pertandingan Liga Spanyol pekan ke-28 tanggal 21-23 Maret 2015

Pertandingan di Divisi Pertama ajang La Liga pekan ke-28 musim 2014/205 memang telah selesai pada tanggal 23 Maret 2015 namun banyak hal yang dapat direview setelah pertandingan berlangsung. Apalagi pekan ke-28 di La Liga kali ini menyuguhkan pertandingan menarik antara Barcelona melawan Real Madrid dimana saat kedua tim besar Spanyol tersebut bertemu pasti akan ada adegan drama yang menegangkan di lapangan hijau. Pertandingan besar tersebut jarang sekali luput dari perhatian publik terutama penggemar sepak bola di seluruh dunia. Apa saja hasil pertandingan jadwal bola yang akan direview?

hasil liga spanyol pekan ke-28

Pertama adalah review dari pertandingan El Classico atau big match antara El Barca melawan Real Madrid di Stadion Nou Camp pada hari Senin dini hari tanggal 23 Maret 2015. Pertandingan yang pada akhirnya menghasilkan skor 2-1 dimana kemenangan diraih Barcelona atas Real Madrid. Kesempatan emas untuk menggeser Barcelona tidak dimanfaatkan dengan baik oleh anak asuh Carlo Ancelotti sehingga kekalahan 2-1 ini semakin membuat jarak poin kedua tim semakin lebar dengan selisih 4 poin. Tentu saja hasil pertandingan ini membuat harapan Barcelona menyabet trofi pemenang ajang La Liga musim 2014/2015 terbuka semakin lebar. Selisih 4 poin akan menjadi modal yang cukup bagus mengingat kompetisi 11 pekan lagi akan segera berakhir.

Kekalahan yang dialami oleh pasukan El Real membawa kekecewaan terutama bagi sang pelatih, Carlo Ancelotti, dimana menurutnya sang anak-anak asuhannya tidak pantas kalah di kandang Barcelona. Menurut Ancelotti anak asuhnya sudah bermain cukup bagus terutama di babak pertama namun saat 30 menit pertandingan akan berakhir justru Barcelona dapat menyerang balik dan lebih berbahaya jika dibandingkan babak pertama. Dua gol Barcelona lahir dari Mathieu dan Luis Suarez sedangkan gol dari Real Madrid tercipta oleh tendangan Christiano Ronaldo.

Meskipun Barcelona meraih kemenangan dan menempati posisi pertama di papan klasemen Liga Spanyol sementara dengan perolehan 68 poin namun Luis Enrique, pelatih Barcelona, tidak ingin berpuas diri dan meremehkan 11 laga yang tersisa. Menurut Luis Enrique, anak-anak asuhnya seharusnya mampu menghajar El Real lebih daripada laga yang terjadi Senin dini hari kemarin jika seandainya Messi dan kawan-kawannya tidak terlalu banyak membuang kesempatan emas yang menghampiri sehingga skor akhir yang tercipta akan lebih baik lagi.

El Barca membuka peluang menang saat pertandingan baru saja berjalan sekitar 19 menit dimana Jeremy Mathieu berhasil mencetak gol namun Real Madrid memberikan gol balasan pada menit ke-31 melalui Christian Ronaldo. Gol kedua Barcelona lahir pada menit ke-56 dari Surez sehingga kali ini Suarez dianggap sebagai pahlawan di hadapan publik El Barca. Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, Real Madrid tetap tidak mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Hasil pertandingan lainnya adalah kemenangan Celta Vigo yang berhasil menjebol gawang tim tuan rumah Levante dengan perolehan skor akhir 1-0. Pertandingan yang dilakukan di Stadion Ciudad de Valencia, kota Valencia, menjadi saksi lahirnya gol dari pemain Celtic Vigo asal Brasil yaitu Charles Dias de Oliveira saat 5 menit menjelang laga diakhiri oleh wasit. Charles Dias de Oliveira memanfaatkan dengan baik assist yang diciptakan oleh striker Celtic Vigo Manuel ‘Nolito’ Agudo Duran. Tentu saja kemengan skuad Celtic Vigo tidak terlepas dari strategi jitu sang pelatih asal Argentina, Eduardo Berizzo, yang mengganti Joaquin Larrivey dengan Charles di menit ke-78 atau 7 menit sebelum Charles berhasil mencetak gol.

Atletico Bilbao juga tidak ingin merasakan kekalahan saat melawan Almeria. Pertandingan yang berjalan di Stadion San Mames Barria tersebut memberikan skor akhir 2-1 dengan kemenangan ditangan Atletico Bilbao atas Almeria. Bek Atletico Bilbao, Xabier Etxeita, turut berkontribusi atas kemenangan pertandingan kali ini dengan berhasil menyarangkan gol ke gawang lawan pada menit ke-9 lalu disusul gol oleh Mikel Rico di menit ke-26. Gol satu-satunya dari Almeria diciptakan oleh gol bunuh diri dari bek Atletico Bilbao, Mikel Balenziaga, pada saat babak kedua baru saja berjalan selama 2 menit.

Sementara itu perebutan posisi ke-3 antara Atletico Madrid dan Valencia masih terbilang ketat dimana baik Atletico Madrid dan Valencia sama-sama meraih kemenangan pada pekan ke-28 ini. Atletico Madrid melawan Getafe di Stadion Vicente Calderon dengan perolehan skor akhir 2-0 dimana Getafe sebagai tim tamu harus rela pulang dengan tangan hampa. Gol Atletico Madrid tercipta dari Fernando Torres pada menit ke-3 dimana mantan pemain AC Milan dan Chelsea tersebut dapat menerima assist milik Koke sehingga tim tuan rumah unggul 1-0. Gol tercipta kembali saat menit mendekati massa harus turun minum yaitu menit ke-44 dimana Tiago berhasil mengoptimalkan bola umpan dari Raul Jimenenez sehingga dapat menjebol gawang Getafe kembali dan skor akhir berubah menjadi 2-0 hingga pertandingan berakhir.

Pertandingan lainnya adalah laga antara Elche melawan Valencia dengan skor akhir 0-4 dimana Valencia berhasil menggasak Elche dan mengamankan posisinya di peringkat ke-3 papan klasemen liga spanyol sementara. Pertandingan yang dilangsungkan di markas Elche tersebut menjadi sebuah laga pembuka pekan ke-28 di stadion Martinez Valero. Bagi Valencia, menghadapi Elche sama saja menghadapi tim papan bawah yang baru masuk ke divisi utama Liga Spanyol dan gol pertama berhasil disarangkan ke gawang Elche oleh Andre Gomes di babak pertama. Pada babak kedua tuan rumah masih belum mampu membalas gol dari Valencia sampai akhirnya pada menit ke-57 tim tamu berhasil menyarangkan gol kembali melalui Fransisco Alcacer disusul gol pada menit ke-71 yang dicetak sendiri oleh pemain Eche, Enzo Roco, serta gol dari Nicholas Otamendi pada menit-menit penghujung akhir pertandingan semakin mengukuhkan kemenangan Valencia atas Elche.

Di posisi ke 3 juga masih ditempati oleh Valencia yang kemarin mengalahkan Elche dengan skor 0-4, disusul Atletico Madrid yang hanya berselisih 1 poin dengan Valencia. Top skor Liga Spanyol sementara masih dipegang oleh Messi dengan 32 gol, disusul oleh Ronaldo dengan 31 gol. Dibabak kedua kedua kesebelasan menjalankan permainan dengan usaha nya masing masing, tuan rumah belum mampu membalas gol pertama Valencia, masuk menit 57′ kembali gol bersarang di gawang Elche, kali ini adalah Francisco Alcacer yang menjadi pencetak skor bagi Valencia dan menggandakan kedudukan menjadi 0-2.

Selain review hasil Liga Spanyol juga didapatkan review top scorer sampai pekan ke-28 dimana posisi pertama ditempati oleh Lionel Messi dari Barcelona dengan perolehan 32 gol. Posisi kedua ditempati oleh Cristian Ronaldo dari Real Madrid dengan perolehan 31 gol dan peringkat ketiga ditempati oleh Neymar dari Barcelona dengan 17 gol. Berikut daftar top scorer sementara ajang Liga Spanyol pekan ke-28 musim 2014/2015:

No  Nama            Goal    Klub
1   Lionel Messi        32  Barcelona
2   Cristiano Ronaldo   31  Real Madrid
3   Neymar              17  Barcelona
4   Bueno            15     Rayo Vallecano
5   Carlos Bacca        15  Sevilla
6   Antoine Griezmann   14  Atletico Madrid
7   Karim Benzema   13  Real Madrid
8   Gareth Bale         12  Real Madrid
9   Luciano Vietto          12  Villarreal
10  Aritz Aduriz        11  Athletic Bilbao

Demikian review singkat seputar hasil pertandingan ajang Liga Spanyol pekan ke-28 musim 2014/2015 yang dapat dijadikan bahan untuk memprediksi siapakah yang pantas keluar sebagai juara La Liga musim ini.

Last edited 29 June 2015