Ya untuk kesekian kalinya, kembali ANTV menayangkan sebuah serial Drama India terbaru Jodha Akbar, selain Mahabarata maupun Mahadewa. Acara ini tayang setiap hari Senin – Sabtu, Pukul 20:30 WIB, dengan durasi 30 menit, dan jumlah episode 300 lebih. Akan tetapi sebelum ditayangkan di ANTV, serial ini sudah ditayangkan di sebuah televisi terkenal di negeri aslinya India yaitu ZEE TV, secara perdana pada 18 Juni 2013, dengan hari tayang Senin – Jum’at di sore hari. Jadwal TV di ANTV semakin dipadati oleh acara-acara import dari India.

Sebagai bintang utama acara ini yaitu Rajat Tokas yang berperan sebagai Akbar dan Paridhi Sharma yang berperan sebagai Jodha. Dimana keduanya pernah meraih sebuah penghargaan bergengsi pada tahun 2013, sebagai Aktor Terbaik – Drama (Rajat Tokas), dan sedangkan tahun 2014, sebagai Aktris Terbaik dalam Peran Utama (Paridhi Sharma).

Jadwal TV - Jodha Akbar

Jadwal TV - Jodha Akbar

Sebelum ditayangkan secara berseri di televisi, acara ini pernah ditayangkan di layar lebar dengan nama Jodhaa Akbar, sebuah film darama sejarah romantic yang diluncurkan pada 15 Februari 2008. Dimana film tersebut di sutradarai oleh Ahutosh Gowariker, yang pernah meraih sebuah nominasi Penghargaan Academy untuk film Laga (2001). Untuk bintang utama dalam film layar lebar tersebut dibintangi oleh Hitrik Roshan sebagai Raja Jalaluddin Mohammad Akbar dan Aishwarya Rai Bachchan sebagai Jodha, kedua sebagai pemeran utama.

Berikut ini sinopsis Jodha Akbar secara singkat:

Film drama ini bercerita diangkat dari kisah nyata tentang kisah cinta mereka berdua yaitu Jodha dan Akbar pada abad ke – 16. Dimana kita ketahui bersama bahwa ayah dari Jalaluddin Mohammad Akbar merupakan Raja India yang mendirikan sebuah Istana Taj Mahal bagi istri tecintanya, yang bisa kita saksikan keindahannya sampai detik ini. Sebenarnya mereka berdua menikah karena pernikahan politik, akan tetapi dengan berjalannya waktu, cinta mereka berdua bersemi. Dimana kita ketahui bahwa Jalaluddin Mohammad Akbar dibersarkan dalam keluarga muslim yang taat sedangkan Jodha sendiri lahir dari keluarga Hindu yang taat juga. Sang Akbar sendiri merupakan sang raja Moghul sedangkan sang Jodha, istrinya merupakan putri Rajput.

Seperti kita ketahui bahwa India, dari dulu memang mempunyai 2 agama yang terbesar, dipeluk oleh sebagian penduduknya, yaitu Islam dan Hindu. Seringnya kedua agama ini berseteru hingga terjadi perpindahan secara besar – besaran penduduk India beragama islam, keluar dari negaranya dan lahirlah sebuah negara yang kita kenal seakarang ini yaitu Pakistan.

Di dalam film drama tersebut kita akan menyaksikan sebuah agama mempuyai sebuah tradisi yang begitu indah, yang selalu dijalankan oleh pemeluknya sesuai dengan keyakinannya masing – masing. Apalagi selama ini islam dalam stigma dunia barat dipandang sebagai agama kekerasan, sebuah agama terorisme, sangat begitu jauh berbeda dengan apa yang ada di dalam film tersebut.

Sedikit kita akan mengulas siapakah sebenarnya Sultan Jalaludding Akbar tersebut?

Dalam sebuah literasi yang di India sana, beliau adalah salah satu sultan Moghul yang berkuasa di India antara tahun 1556 – 1605 Masehi. Sang raja (baca: Akbar), dilahirkan pada 15 Oktober 1542 di wilayah Sindu, dimana saat ini sudah masuk dalam wilayah Pakistan, pada saat itu sang ayahnya yang bernama Humayon sedang melarikan diri ketika tahta kekukasaanya direbut oleh Syirsyah. Sedangkan ibunya sang raja bernama Hamidah Binti Ali Akbar. Humayon kemudian meninggalkan sang raja yang masih kecil di sebuah kota yang bernama Kandahar (dimana saat ini yang lazim kita ketahui sebagai Afghanistan), dan ayahnya pergi ke Kabul. Sejak saat itulah ia tidak prenah bertemu dengan sang purta tecintanya, sampai dengan 13 tahun kemudian, yaitu saat ia berhasil merebut kembali kekuasaanya.

Ketika sang ayah kembali berkuasa untuk menduduki tahta kerajaannya. Raja Akbar diberikan mandat oleh ayahnya untuk menjadi seorang Gubernur di Punjab sekitaran tahun 1555 masehi, dan kemudian setelah itu 1556 sang ayah meninggal, Akbar naik tahta dan memimpin Moghul di saat usianya 14 tahun. Namun ketika memimpin saat itu, sang raja dibawah pengasuhan penasehat yang bernama Beiram Khan yang menjabat Perdana Mentri. Semasa dalam kemimpinannya, Akbar menghadapi berbagai persoalan negara yang cukup begitu menyita energi, baik itu dari dalam kerajaan maupun luar kerajaan. Terlebih lagi saat itu terjadinya kolonialisme Inggris yang mulai bercokol di daerah India.

Sang raja sendiri pun dikenal sangat mencintai seni dan budaya. Banyak bangunan – bangunan besar di masanya yang masih menjadi bukti dan tegak kokoh hingga hari ini. Seperti Benteng Merah di Akra yang membentang sejauh 10 kilometer.

Lalu siapakah sosok Jodha, yang merupakan salah satu bagian romantic dari kehidupan Akbar?

Akbar sendiri memiliki 4 orang istri, diantaranya Ruqayah, Salimah, Miryam (yang kemudian kita kenal dengan Jodha Bai Akbar) dan Sakinah. Dari ke 4 istri tersebut, konon Jodha lah yang paling ia cintai. Kecantikan dan alunan suaranya yang begitu merdu membuat luluh lantak hatinya Akbar, dan kerena itulah untuk menghormati agama sang Istri yaitu Hindu, maka Akbar mendirikan sebuah kuil pribadi untuk istrinya di istananya.

Serial drama yang sama dengan Jodha Akbar yaitu Mahabarata, yang juga tampil di layar ANTV setiap harinya. Dimana untuk Mahabarata sendiri berkisah tentang 5 orang pandawa yang gagah perkasa dengan kemampuaan mereka masing – masing, saling berseteru dengan kurawa, dan terjadilah perang yang begitu tekenal yaitu perang Baratayuda.

Last edited 29 June 2015