Jadwal Bola Hari Ini: AC Milan vs AS Roma 10 Mei 2015

Pekan ke-35 Serie A Italia akan menyajikan sebuah laga sarat gengsi yang digelar di kota Milan tepatnya di markas AC Milan, Stadion San Siro. Pertandingan antara AC Milan vs AS Roma ini diprediksi akan berjalan menarik dan seru untuk ditonton karena Milan berambisi mengkahiri rentetan hasil liga italia tanpa kemenangan di lima laga terakhir. Pada pertandingan terakhir menghadapi tuan rumah Napoli, anak asuhan Filippo Inzaghi harus bertekuk lutut dengan skor telak 3-0. Dengan hasil tersebut AC Milan belum beranjak dari posisi ke-10 klasemen liga italia dengan koleksi 43 poin hasil dari 10 kemenangan, 13 seri, dan 11 kekalahan (lihat klasemen sementara disini).

jadwal bola hari ini ac milan vs as roma

Performa AC Milan musim ini terbilang sangat mengecewakan bahkan sempat beberapa kali berganti pelatih hingga akhirnya jatuh ke tangan Filippo Inzaghi. Peluang Milan untuk berlaga di kompetisi Europa League musim depan memang belum sepenuhnya tertutup karena koleksi poin Milan dan Fiorentina yang duduk di posisi ke-5 hanya berselisih 9 poin sementara Serie A Italia masih menyisakkan 3 pertandingan. Namun, jika melihat peta persaingan di papan tengah yang sangat ketat, peluang AC Milan nampaknya harus mengubur ambisinya berlaga di kancah Eropa musim depan. Meskipun demikian, AC Milan tetap mengincar kemenangan pada laga jadwal bola hari ini agar mereka mampu finish setidaknya 10 besar di akhir musim.

Berbeda dengan tim tuan rumah, Serigala Ibu Kota sedang dalam tren positif dalam lima pertandingan terakhir pasca rentetan hasil buruk di bulan Maret lalu. Roma yang kini menduduki posisi runner-up berhasil meraih dua kemenangan, 2 kali imbang, dan hanya sekali menderita kekalahan dalam 5 pertandingan jadwal liga italia terakhir. Akhir pekan lalu ketika Roma menjamu Genoa pada pekan ke-34, Daniel De Rossi cs berhasil menundukan penghuni peringkat ke-7 itu dengan skor meyakinkan 2-0 berkat gol yang dicetak Doumbia Seydou dan Alessandro Florenzi. Dalam pertandingan ini pasukan Rudi Garcia menargetkan poin penuh demi menjaga asa lolos ke Liga Champions musim depan tanpa melalui babak playoff.

Posisi Roma di posisi ke-2 belum lah aman mengingat rival sekota mereka Lazio masih menguntit di posisi ke-3 dengan hanya berselisih satu poin saja. Setelah laga melawan Milan, Roma akan melakoni laga derby ibu kota melawan Lazio. Dengan demikian Roma harus memenangi laga melawan AC Milan jika ingin langkah ketika derby ibukota (24/05/2015) nanti lebih ringan.

Kabar gembira datang untuk kubu AC Milan dimana dua pemain belakang mereka yakni Philppe Mexes dan Ignazio Abate sudah dapat dimainkan pada pertandingan melawan Roma karena sudah selesai menjalani skorsing kartu kuning. AC Milan masih belum bisa memainkan Jeremy Menez yang terkena skorsing indisipliner dan baru bisa bermain pada giornata ke-38 ketika menghadapi Atalanta.

Absennya Menez tentunya sangat merugikan bagi kubu Rossoneri karena pria berkebangsaan Perancis ini menjadi pencetak gol terbanyak bagi klubnya. Meskipun tidak diperkuat Menez, Inzaghi masih memiliki banyak alternatif pemain di lini depan. Kembalinya Stephan El Shaarawy dapat menjadi opsi terbaik meskipun disana masih ada striker veteran Giampaolo Pazzini dan rekrutan anyar Alessio Cerci. Inzaghi tidak dapat memainkan Matia Destro ketika menghadapi Roma karena Destro adalah pemain pinjaman dari Giallorossi.

Di kubu Roma, Rudia Garcia memang kehilangan beberapa pemain sentral di lini belakang seperti Balzaretti, Maicon, dan Leandro Gastan. Namun pelatih asal Perancis ini memiliki pelapis di lini belakang yang memiliki kemampuan setara dengan ketiga pemain tersebut. Duet pemain mudah Kostas Manolas dan Yanga-Mbiwa mampu menjaga lini pertahanan Roma dengan sangat baik. Terbukti dalam 5 laga terakhir Roma hanya kebobolan 3 gol dan 2 kali clean sheet yang tak lepas juga dari peran kiper muda Lukasz Skorupski. Sejak kembalinya Gervinho dari cedera, Roma seakan kembali menemukan ketajamannya lagi di lini depan. Francesco Totti juga dapat menjadi alternatif jika performa Gervinho dan Ljajic kurang memuaskan. Pangeran Roma tersebut meskipun sudah berumur masih memiliki naluri mencetak gol yang sangat baik.

Kedua tim ini merupakan tim besar di Italia bahkan Eropa berkat sederet prestasi yang telah diraih. AC Milan tercatat sebagai peraih title scudetto sebanyak 18 kali dan Coppa Italia 5 kali sementara AS Roma 3 kali juara Serie A dan 9 kali juara Coppa Italia. Sejak tahun 2001, Milan dan Roma sudah berjumpa sebanyak 33 kali dengan hasil yang sama adilnya untuk kedua tim. Milan mampu meraih kemenangan sebanyak 11 kali dan dikalahkan Roma sebanyak 11 kali serta 11 kali berakhir dengan hasil imbang.

Meskipun terlihat seimbang, performa Milan yang sempat menurun di beberapa tahun ke belakang membuatnya harus kalah head-to-head dari I Giallorossi. Dari lima pertandingan yang dilakoni kedua tim, Roma unggul dengan 2 kali kemenangan sedangkan Milan hanya mampu menahan imbang sebanyak 3 kali termasuk ketika mereka menahan Roma di stadion Olimpico dengan skor imbang 0-0 pada putaran pertama Serie A musim ini.

Performa Roma yang sedang menanjak tentunya akan lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Terlebih lagi Milan bukanlah tim yang istimewa ketika bermain di kandang karena anak asuh Filippo Inzaghi ini hanya mampu meraih 7 kemenangan dari 17 kali laga kandang. Sebaliknya di kubu tim tamu, Francesco Totti dkk memiliki track record cukup baik ketika harus melawat ke kandang lawan dimana Giallorossi mampu mengoleksi 8 kali kemenangan, 6 kali imbang, dan hanya 3 kali menelan kekalahan.

Dengan demikian Giallorossi diprediksi akan dapat memenangi pertandingan ini meskipun dukungan publik San Siro bisa saja memberikan memberikan motivasi lebih bagi skuad Milan untuk merengkuh kemenangan. Untuk mengetahui hasilnya, jangan lupa menonton siaran langsung pertandingannya yang akan disiarkan secara langsung di Kompas TV besok dini hari pukul 01.15 WIB (lihat jadwal TV untuk besok dini hari)

Last edited 29 June 2015