Jadwal Bola Liga Inggris: Manchester United vs Arsenal - 17 Mei 2015

Pekan ke-37 English Premier League akan menyajikan sebuah pertandingan jadwal liga inggris prestisius antara Manchester United dan Arsenal yang akan saling bentrok di stadion Old Trafford. Kedua tim sarat sejarah ini akan saling memperebutkan tiket menuju putaran Liga Champions musim depan meskipun peluang Manchester United untuk finish di urutan ke-3 terbilang cukup tipis. Pada laga akhir pekan lalu, The Red Devils berhasil menundukkan tuan rumah Crystal Palace berhak untuk tetap berada di peringkat ke-4 dengan raihan 68 poin hasil dari 20 kemenangan, 8 kali imbang, dan 8 kali kalah.

Meskipun demikian, anak asuhan Luis Van Gaal masih berpeluang digusur Liverpool yang duduk di posisi ke-5 klasemen liga inggris sementara jika tidak mampu meraih 1 poin pun di sisa dua laga musim ini. Jika Manchester United mampu mengalahkan Arsenal pada laga nanti, Wayne Rooney dkk dapat semakin menempel ketat peroleh poin Manchester City yang kini mengoleksi 68 poin.

jadwal bola manchester united vs arsenal

Tetapi jika United kalah dalam pertandingan melawan Arsenal, mereka dapat dipastikan tidak akan dapat lolos otomatis ke putaran final Liga Champions musim depan sehingga harus memenangkan laga pamungkas musim ini menghadapi Hull City agar tetap berada di posisi ke-4 untuk mempertahankan satu tiket Playoff Liga Champions. Bertahan di posisi ke-4 merupakan target paling realistis bagi United mengingat peluang untuk menggeser Arsenal atau Manchester City sangat tipis karena kedua tim tersebut sedang dalam performa terbaiknya.

Di kubu Arsenal, Arsene Wenger sebagai arsitek The Gunners menatap laga pekan ke-37 tersebut dengan positif. Sebelum menghadapi Manchester United, Alexis Sanchez dkk akan menjamu Swansea City di Emirates Stadium. Jika mereka mampu memenangi laga melawan Swansea, langkah mereka untuk finish di posisi runner-up terbuka begitu lebar karena memiliki satu laga sisa lebih banyak dari Manchester City. Kini mereka masih duduk di posisi ke-3 dengan raihan 70 poin hasil dari 21 kemenangan, 7 kali imbang, dan 6 kali kalah sehingga hanya berselisih 3 poin dari Manchester City yang meraih kemenangan telak akhir pekan lalu dari Queen Park Rangers. Laga melawan United selain menjadi laga adu gengsi dengan Setan Merah juga menjadi ajang pembuktian bagi kedua pelatih berbeda kewarganegaraan tersebut. Wenger dan Van Gaal sama-sama sesumbar dapat meraih kemenangan dalam pertandingan di pekan ke-37 tersebut.

Arsene Wenger tentunya tetap mewaspadai United sebagai tim besar Premiership karena jika kalah bisa saja mereka digusur United dari posisi ke-3 jika tidak mampu meraih kemenangan di sisa 4 laga Arsenal musim ini. Musim ini Arsenal sedang berada dalam performa terbaiknya karena mereka tidak terkalahkan sejak 11 pertandingan terakhir. Konsentrasi Arsenal akan sedikit terpecah mengingat mereka juga harus berkonsentrasi pada laga final FA Cup melawan Aston Villa pasca kompetisi Premier League berakhir.

Luis Van Gaal dapat sedikit tersenyum mendengar kabar bahwa beberapa defendernya dapat berlaga pada laga penting melawan Arsenal. Marcos Rojo yang absen akibat cedera paha sudah dapat dimainkan sementara Jonny Evans telah fit dari cedera Sciatia dan sudah dimainkan ketika The Red Devils mengalahkan Crystal Palace pada hasil liga inggris akhir pekan lalu. Selain kedua pemain tersebut, Van Gaal juga dapat memainkan Luke Shaw yang sudah sembuh dari cedera paha sebagai alternatif untuk mengisi pos bek sayap kiri jika Daley Blind tidak bermain maksimal.

Sayangnya gelandang timnas Inggris Michael Carrick masih belum dimainkan karena masih berkutat dengan cedera betis yang menimpanya. Kondisi Robin van Persie dan Wayne Rooney yang sempat diragukan tampil ternyata sudah bermain dalam pertandingan pekan lalu meskipun harus diistirahatkan sebelum laga usai. Kedua bomber United ini diharapkan dapat bermain ketika Manchester United menghadapi Arsenal untuk menambah daya dobrak kubu The Red Devils mengingat performa Radamel Falcao yang tak kunjung membaik.

Kubu tim tamu, Arsenal nampaknya tidak akan memainkan mantan striker Danny Welbeck yang kemungkinan besar belum pulih 100% dari cedera lutut. Selain Welbeck, gelandang serba bisa Aaron Ramsey juga harus masuk meja operasi karena cedera engkel meskipun diprediksi sembuh di pekan ini sedangkan bek saya Mathieu Debuchy dipastikan absen hingga akhir musim karena menderita cedera Hamstring yang cukup parah. Selain ketiga pemain tersebut, jika laga melawan Swansea pada Selasa (12/05/15) nanti tidak terdapat pemain yang cedera maka Wenger dapat menurunkan skuad terbaiknya ketika bersua United di Old Trafford nanti.

Winger Alexis Sanchez dan striker Oliver Giroud nampaknya akan menjadi momok menakutkan bagi lini pertahanan United yang terbilang kurang solid musim ini. Kedua pemaint tersebut seakan sedang berada dalam top performance dalam beberapa pertandingan terakhir. Selain lini depan yang tajam, Arsenal juga merupakan tim dengan jumlah kebobolan ketiga terbaik di Premier League musim ini dengan rasio 0.97 kebobolan dalam satu pertandingan.

Dari segi sejarah, Manchester United lebih diunggulkan ketimbang Arsenal karena berhasil memetik 19 kemenangan dari 38 laga terakhir sejak tahun 2001 sementara The Gunners hanya memenangi 9 laga dan sisanya berakhir seri. Pada putaran pertama Premier League musim ini The Gunners juga harus menelan pil pahit ketika dikalahkan The Red Devils dengan skor 1-2 di Emirates Stadium.

Pertemuan terakhir kedua tim berlangsung dalam lanjutan piala FA dimana Arsenal harus bertamu ke Old Trafford. Anak asuhan Arsene Wenger berhasil memenangkan laga tersebut dengan skor tipis 1-2 sekaligus menuntaskan dendam ketika Arsenal dikalahkan United di pertemuan pertama Premier League.

Pertandingan di pekan ke-37 antara Manchester United vs Arsenal tersebut diprediksi akan berjalan sangat menarik demi saling menjaga gengsi sebagai tim besar di tanah Britania. Meskipun Arsenal memiliki rekor tidak terkalahkan sejak akhir Februari lalu, United diprediksi dapat memenangkan pertandingan mengingat anak asuhan Van Gaal memiliki rekor positif ketika bermain di kandang. Wayne Rooney cs meraih 14 kemenangan, 1 kali imbang, dan hanya meraih 3 kekalahan di kandang. Dengan demikian, Arsenal patut mewaspadai The Red Devils yang tentunya tidak ingin mengulang kekalahan pada ajang piala FA di tempat yang sama.

Last edited 29 June 2015