Jadwal Acara TV: Talent Show D'Academy 2 di Indosiar

Jadwal TV - Banyak ajang pencarian bakat yang kini dihadirkan di stasiun televisi Indonesia, salah satu stasiun televisi yang menyajikan tayangan ajang pencarian bakat ini adalah Indosiar melalui program acara D’Academy 2 Indosiar. Ajang pencarian bakat ini merupakan salah satu cara mencari bibit artis di bidang dangdut yang diambil dari masyarakat luas. Program acara D’Academy 2 Indosiar ini disiarkan mulai tanggal 3 Februari 2014 setiap hari Senin sampai Minggu selama minimal 3 jam dan maksimal 4,5 jam per harinya kecuali babak konser final yang hanya tayang pada hari Senin hingga Jumat dan konser babak Grand Final yang tayang setiap hari Kamis dan Jumat (lihat jadwal Indosiar selengkapnya)

jadwal tv indosiar - D'Academy 2

Babak konser final untuk manyaring 6 besar ditayangkan setiap hari Jumat, konser final untuk 10 besar dan babak 8 besar ditayangkan selama minimal 6 jam per episodenya sedangkan pada konser babak final untuk 6 besar dan seterusnya akan disiarkan minimal 6,5 jam. Waktu yang cukup panjang untuk diikuti oleh pemirsa di rumah bukan?

Bagaimana cara mengikuti D’Academy 2 Indosiar ini? Audisi untuk D’Academy 2 Indosiar dilakukan mulai tanggal 02 November 2014 hingga 02 Januari 2015, masyarakat dapat mendaftarkan diri dengan syarat sebagai berikut :

  1. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias GRATIS.

  2. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

  3. Peserta memiliki usia antara 17 hingga 27 tahun.

  4. Peserta memiliki bakat untuk menyanyikan lagu-lagu dangdut.

  5. Peserta bersedia mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.

  6. Peserta menyertakan identitas diri lengkap seperti fotokopi KTP/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/SIM.

  7. Peserta menyertakan pas foto diri.

  8. Peserta yang masih bersekolah wajib menyertakan surat ijin dari sekolah.

  9. Peserta tidak terlibat dalam segala perkara hukum.

D’Academy 2 Indosiar atau disebut juga dengan Dangdut Academy merupakan salah satu program acara tv yang dinanti-nanti setiap malamnya oleh pemirsa di rumah terutama penggemar lagu-lagu dangdut. Karena durasi penayangan yang begitu lama antara 3-6,5 jam banyak masyarakat Indonesia yang tidak sempat melihat tayangan ini hingga akhir acara dan tidak mengetahui siapa saja yang menjadi juara D’Academy 2 Indosiar. Dalam program acara D’Academy 2 Indosiar ini juga ada adegan eleminasi yang disebut sebagai peserta yang tersenggol.

Program acara D’Academy 2 Indosiar ini merupakan lanjutan dari program jadwal acara TV D’Academy sebelumnya. Kedua program acara ini dapat dikatakan cukup sukses menarik perhatian pemirsa layar kaca di rumah terutama para penggemar dangdut di Indonesia. Bahkan berdasarkan hasil rating, program acara Dangdut Academy ini lebih unggul bila dibandingkan dengan program acara pesaingnya dengan tema serupa yaitu Kontes Dangdut Indonesia (KDI) yang disiarkan secara langsung oleh MNCTV.

Kesuksesan program acara Dangdut Academy Indosiar ini tidak lain karena adanya kerjasama tim dari para juri dan para presenter. Para tim juri terdiri dari Rita Sugiarto, Iis Dahlia, Beniqno Aquino, Saiful Jamil, Inul Daratista, dan Ivan Gunawan sedangkan posisi host diisi oleh D’Terong yang terdiri dari Ramzi, Rina Nose, dan Irfan Hakim. Semua tim juri dan para pembawa acara begitu kompak berpatisipasi dalam acara ini sehingga program acara D’Academy dianggap sebagai program acara yang sukses.

Memang pada era 2000-an ini menjadi sebuah era baru bagi dunia industri hiburan televisi di Indonesi sebab diawali dengan acara pencarian bakat Akademi Fantasi Indosiar (AFI) yang ditayangkan Indosiar maka stasiun televisi lainnya terkesan “latah” menyajikan acara serupa. Para stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan acara pencarian bakat sehingga acara talent show seperti tumbuhnya jamur di musim hujan, sangat subur. Talent show sendiri bukanlah program acara yang sulit dibuat bagi para stasiun televisi tanah air namun untuk membuat acara talent show yang memiliki kualitas bagus dan banyak diminati oleh masyarakat tentu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap stasiun televisi. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu persaingan dari setiap stasiun televisi tanah air dan Indosiar mampu membuktikan dirinya dapat mempersembahkan acara talent show Dangdut Academy yang dapat bersaing dengan talent show lainnya.

Program acara televisi talent show bagi penyanyi dangdut berbakat kini sudah menjadi incaran bagi para calon penyanyi dangdut masa depan. Mereka percaya bahwa dengan mengikuti ajang talent show semacam ini akan dapat membuat mereka cepat terkenal dan dikenal masyarakat luas. Bahkan acara pencarian bakat D’Academy 2 Indosiar menunjukkan peningkatan jumlah peserta secara signifikan dibandingkan D’Academy indosiar terdahulu. Semangat para peserta di season dua ini dianggap lebih tinggi bila dibandingkan season pertama bahkan jumlah peserta meningkat hampir sebanyak 400 persen dari jumlah peserta D’Academy season pertama.

Wajar saja bila D’Academy baik season pertama maupun kedua ini begitu diminati oleh masyarakat luas sebab treatment yang telah dilakukan oleh pihak stasiun televisi Indosiar, sebagai stasiun televisi penyelenggara, dapat menawarkan jenjang karir yang begitu luar biasa. Bahkan para finalis Dangdut Academy sendiri sudah membuktikannya, jadi Indosiar tidak hanya mengobral janji-janji semata.

Melalui program acara talent show D’Academy pula stasiun televisi Indosiar dapat menduduki peringkat ke-3 yang sebelumnya berada di peringkat ke-6 dalam peringkat pertelevisian Indonesia di tahun 2014. Program acara talent show D’Academy sendiri bahkan mampu menduduki peringkat pertama dari seluruh program acara lain yang ditayangkan stasiun televisi nasional selama tujuh minggu dengan berturut-turut. Menurut hasil rating, program acara D’Academy menempati peringkat satu dengan share sejumlah 21,8 di sebanyak 54 episode konser dan share sebanyak 29 dalam 2 episode Grand Final.

Setelah D’Academy season pertama berhasil menyedot perhatian masyarakat, Indosiar menyiarkan kembali D’Academy season dua. Setelah mengadakan audisi di tujuh kota besar dan sepuluh kota spesial, kini Dangdut Academy 2 Indosiar telah mengantongi peserta sebanyak 35 nama finalis yang semuanya memiliki kesempatan sama untuk tampil dan mereka akan berkompetisi menjadi seorang bintang dangdut di masa depan. Para penggemar musik dangdut pun sepertinya akan berbahagia sebab ajang pencarian bakat D’Academy 2 Indosiar sudah dimulai pada bulan Februari 2015 ini serta jumlah episodenya akan berencana diperpanjang dari season sebelumnya.

Last edited 29 June 2015