Beberapa tahun silam sinetron India sempat digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena ceritanya penuh dengan nuansa percintaan ala gado-gado, ada suka ria namun tidak sedikit acara tangis seperti dalam film Naagin atau Kuch-Kuch Hotahai. Kini serial drama India muncul lagi dan melakukan invansi secara besar-besaran serta tidak terbendung lagi, hampir semua stasiun TV swasta memiliki program acara TV bertemakan serial drama India yang hampir semua serial drama tersebut membawakan nuansa drama lebih modern namun tidak menghilangkan ciri khas India. Setelah ANTV menetapkan diri sebagai pioner kerajaan serial India di Indonesia kini giliran stasiun TV swasta Trans7 mengangkat serial drama India berjudul Saraswatichandra.

Saraswatichandra di Trans7

Jadwal TV: Saraswatichandra di Trans7

Serial drama Saraswatichandra yang ditayangkan setiap sore hari pada pukul 17.00 di Trans7 yang diadaptasi dari sebuah novel Gujarati dengan judul sama oleh Govardanram Tripathi bercerita tentang bagaimana sebuah kehidupan keluarga dan percintaan seorang pria kaya, terkenal dan ganteng yaitu Saraswati. Serial drama ini diatur dengan setting abad ke-19 dan mampu memenangkan penghargaan Film Awards Nasional dalam bidang Best Cinematography dan Best Music Director.

Serial drama ini termasuk masih baru karena di India baru selesai pada tanggal 20 September 2014 dan ditayangkan di stasiun TV Star Plus pada tanggal 25 Pebruari 2013 dengan total episode sebanyak 444. Di Indonesia sendiri baru ditayangkan pada tanggal 25 November 2014 setiap Senin hingga Jumat di Trans7. Awalnya Trans7 menyiarkan serial drama ini pukul 08.15 WIB namun rating yang tidak terlalu tinggi dan banyak permintaan dari penonton, jam tayang serial ini berubah menjadi pukul 17.00 WIB.

Serial Saraswatichandra ini disutradarai oleh Arvind Babbal dan dibintangi oleh sejumlah artis terkenal seperti Gautam Rode (Saraswatichandra), Jennifer Winget (Kumud Sundari), Shiny Doshi (Kusum), Chetan Pandit (Laxminandan), Monica Bedi (Guman Laxminandan), Soni Singh (Kalika), dan Aanshul Trivedi (Pramad).

Sinopsis Saraswatichandra berawal dari kedatangan pria tampan anak orang kaya dari India ke Dubai, Saras, yang digandrungi banyak wanita. Saat pesta besar diadakan dirumahnya, ayah Saras mengumumkan bahwa Saras akan segera menikah dengan wanita pilihan ayahnya yaitu anak sahabat ayahnya. Saras pun menolak acara perjodohan ini karena merasa tidak mengenal jati diri Kumud, wanita yang dijodohkan dengan Saras, namun ditengah perjalanan mereka berdua pun saling jatuh cinta. Ibu Tiri Saras tidak ingin harta suaminya jatuh ke tangan Saras sehingga dilakukan berbagai cara agar pernikahan itu batal salah satunya dengan menceritakan tentang Ibu kandung Saras yang menyebabkan saras malu serta membatalkan pernikahannya dengan Kumud.

Demi menjaga baik nama keluarga, Kumud menyatakan akan menerima lamaran pria manapun yang pertama kali datang dan ternyata yang melamar pertama kali adalah seorang pria kasar serta pemabuk. Apakah Kumud akan menerima lamaran pria tersebut? Akankah Saras menyelamatkan Kumud dari pria kasar dan pemabuk itu serta menikahi Kumud? Anda dapat menyasikannya di Trans7 untuk mengikuti serial India yang manis ini.

Banyak kalangan remaja yang suka melihat serial ini karena penuh dengan nuansa romantis yang manis bahkan tidak sedikit yang ikut meneteskan air mata saat adegan Kumud disiksa dan geram saat Ibu Tiri Saras mencoba memisahkan keduanya. Serial Saraswatichandra ini dipercaya dapat mendorong rating Trans7 dan mengalahkan serial India lainnya seperti Jhoda Akbar, Mahabharata, Ramayana, The Adventure of Hatim, King Suleiman, dan Navya yang ditayangkan di ANTV.

Trans7 awalnya menayangkan dua episode Saraswatichandara ini pada pukul 08.15 WIB, jam penanyangan yang kurang banyak dilihat pemirsa remaja namun strategi penanyangan ini cukup menarik karena biasanya pada pagi hari stasiun TV lain menanyangkan variety show semacam Inbox dan Dahsyat, infotainment seperti Intens, bahkan FTV namun Trans7 malah memberikan tayangan alternatif berupa serial drama. Sayangnya rating yang dihasilkan masih kecil dan belum mampu menggeser serial India lainnya sehingga Trans7 mengubah jam tayang ke pukul 17.00 WIB. Apakah pergantian jam tayang ini berhasil mengubah nilai rating serial Sarawatichandra? Entahlah hanya pengamat rating yang mengetahui. Namun serial Aladdin yang sebelumnya ditayangkan Trans7 dan memiliki rating kecil juga tetap ditayangkan hingga episode terakhir berbeda dengan MNCTV yang begitu saja menghapus serial Krishna dan Naaginn saat ratingnya cenderung kecil.

Alur konflik yang sangat cepat dan chemistry para pemeran utama yang bagus membuat banyak penonton serial ini jatuh hati. Memang konflik yang ditemui di serial saraswatichandra ini biasa ditemukan dalam sinetron Indonesia karena banyak produser/sutradara sinetron Indonesia berasal dari India. Serial India ini memiliki karakter ibu tiri yang kejam dan gila harta, pria yang sombong dan kasar, dan pembantu yang matre. Pada episode yang lebih jauh lagi akan ada kisah penyiksaan dan penculikan, tokoh yang dikira meninggal ternyata ditemukan masih hidup, bahkan saat episode lebih dari 400 akan ditemukan konflik tokoh yang amnesia.

Memang pada akhirnya Saras dapat menikahi Kumud namun bukan serial drama India bila kebahagiaan tokoh utama datang begitu saja, di hari pernikahan keduanya bahkan masih ada orang-orang yang berusaha membatalkan dan disini peran Ibu Pramad serta Ayah Kumud menjadi sangat penting karena mampu melancarkan acara pernikahan Saras dan Kumud. Hikmah yang dapat diambil bahwa orangtua yang baik akan mengusahakan berbagai cara untuk kebahagiaan anaknya. Hikmah lain yang bisa diambil dari kisah ini adalah seorang istri harus berusaha mengubah perilaku buruk suaminya seperti Kumud yang selalu memberitahu Pramad agar menghilangkan kebiasaan mabuknya, tidak selamanya harta itu membawa ke kebahagiaan malah bisa menyebabkan kesengsaraan seperti ibu tiri Saras yang akhirnya harus melanjutkan kehidupannya di penjara, dan orang dengan niat buruk akan mendapat balasan buruk pula dan kebahagiaan akan datang menghampiri orang-orang yang bersabar dan mau berjuang untuk kebahagiaan dirinya seperti Saras dan Kumud yang akhirnya bisa menikah dan memiliki seorang anak perempuan.

Tidak ada harta yang abadi di dunia ini kecuali cinta kasih dan kepercayaan, semuanya itu bisa diraih dengan keinginan menjadi kuat. Dengan mengambil hikmah-hikmah di setiap episode serial drama ini rasanya menonton Saraswatichandra akan menjadi lebih menarik.

Last edited 10 August 2017