Jadwal Televisi - Super Trap. Supertrap merupakan salah satu program khas Trans TV yang sejak awal kemunculannya sudah menarik banyak perhatian pemirsa televisi. Super Trap ini merupakan program acara TV reality show yang dirancang dengan kreatifitas crew dalam membuat jebakan- jebakan kepada korban di berbagai tempat. Jebakan-jebakan ringan ini diperuntukkan guna melihat ekspresi lucu para target usai merasakan keusilan crew. Dengan menyaksikan acara ini maka pemirsa akan diajak untuk tertawa melihat ekspresi kocak para korban yang masuk dalam jebakan yang disediakan tim kreatif.

Jadwal TV: Super Trap

Jadi Supertrap ini merupakan suatu ‘kejahilan yang diizinkan’ bahkan dimasukkan ke televisi. Jadi setiap episode, tim Supertrap akan membuat sebuah tema dan merencanakan jebakan bagi target- target di tempat umum maupun di tempat tertentu yang berpotensi akan dimasuki oleh target. Tak hanya artis, masyarakat biasapun menjadi korban empuk dari kejahilan ini. Berbagai mimic wajah terkejut, marah yang menggemaskanpun terekam kamera. Bahkan tak jarang target marah besar kepada tim saking terkejutnya.

Supertrap, Humor Usil

Supertrap pertama kali tayang pada 12 April 2011 dan dipandu oleh aktor Ibnu Jamil. Bersama tim Trans TV, Jamil merencanakan berbagai keusilan bagi artis-artis yang sedang dijadikan sasaran main. Biasanya artis yang dikerjai di acara televisi ini adalah selebritis kelas bawah yang memang tidak akan marah besar bila diusilin. Untuk selebritis papan atas atau popular sepertinya tim Trans TV dan Supertrap kurang berani menjadikannya target. Artis yang masuk listnya adalah seperti Camel Petir, Trio Macan, Elli Sugigi dan sebagainya. Biasanya si selebritis dibuat skenario jadwal syuting di Trans TV. saat si artis itu datanglah dibuat berbagai keusilan seperti tercebur ke kolam, diguyur air atau micnya dikasih angin kencang. Bahkan pernah juga panggung tempat berdirinya si artis dibuat mendadak roboh dengan bantuan system hidrolik.

Untuk target masyarakat umum, jebakan biasanya dibuat di mall hingga taman yang sering dikunjungi. Saat target masuk jebakan, tim kreatif akan menghampiri korban seraya menyebutkan sudah masuk di supertrap Trans TV. Berbagai ekspresipun keluar dari korban, ada yang tertawa, serba salah hingga emosi. Sejauh ini, Supertrap juga sudah pernah dilaporkan kepada Komisi penyiaran Indonesia (KPI) karena dinilai melanggar aturan penyiaran dalam salah satu episodenya tertanggal 25 November 2012. Saat itu Kru Supertrap membuat jebakan di kamar toilet umum dengan memasang CCTV. Ketika target buang hajat ke WC, tentu saja alat kelaminnya akan terlihat kamera walaupun pada penayangannya disensor. Tayangan ini dinilai tidak etis dan menuai banyak protes dari masyarakat. Menyadari kesalahannya, Pihak Trans TV dan Supertrap meminta maaf kepada seluruh pemirsa dan kepada KPI.

Di balik kontroversi itu, Supertrap juga pernah dinominasikan dua kali di penghargaan Panasonic Awards 2012 dan 2013 sebagai Program reality Show. Namun keduanya tak berhasil keluar sebagai pemenang. Jika mengamati konsepnya, Supertrap ini memang bisa dikatakan menarik dan kreatif. Namun kadang kurang tepat dan bahkan terlalu ‘berisik’ untuk sebagian orang. Tak semua orang memiliki jantung normal yang masih kuat menahan shock dan surprise dan crew tak mungkin mengenali siapa target yang sakit jantung dan yang tidak. Dengan konsep tanpa pandang bulu ini bila di tempat umum, tentu saja cukup berbahaya bagi yang memiliki jantung lemah. Apa tak jadi masalah besar bila ada korban meninggal terkejut dalam jebakan itu? ini mungkin bisa menjadi satu masukan bagi tim Supertrap.

Keusilan crew Trans Tv ini memang akhirnya menjadi hiburan menarik bagi pemirsa yang di rumah. Namun bagi target? Tak semua orang senang ekspresinya disebarkan ke semua orang atau bahkan tak suka tampil di televisi. padahal Supertrap ini jadi terkesan pemaksaan masuk televisi dan menertawakan kelemahan orang lain. Jika ditelisik lebih jauh memang banyak yang kurang dari acara ini. Manfaatnya hanya membuat tawa saja, tawa atas penderitaan orang lain!

Kini Supertrap bisa disaksikan di Trans TV setiap Sabtu dan Minggu sore pukul 16.30 WIB. Selamat menyaksikan dan selamat tertawa!

Last edited 29 June 2015