Kesuksesan ANTV menayangkan serial bollywood memang menjadi trendsetter yang akhirnya ditiru oleh stasiun televisi lain. salah satunya adalah Indosiar yang belakangan juga menayangkan serial bollywood berjudul Qubool Hai. Jika selama ini Indosiar konsisten menayangkan serial korea saja, kali ini pihaknya tampak sangat tertarik menayangkan serial bollywood dengan harapan tentu saja agar bisa menuai sukses yang sama seperti diraih oleh ANTV.

Namun sedikit berbeda dengan ANTV yang sebagian besar serialnya didominasi oleh serial kolosal bertemakan mitologi yang sangat serius, maka Indosiar lebih memilih tema ringan yang benar-benar pure fiksi drama. Sepertinya langkah ini sedikit sama juga dengan apa yang dipilih Trans7 dengan menayangkan serial Saraswatichandra dengan tujuan yang sama memanfaatkan animo masyarakat yang sedang tergila-gila dengan serial bollywood.

Sinopsis Qubool Hai di Indosiar

Qubool Hai, Eksistensi Agama dan Kecemburuan

Sinopsis Qubool Hai mengangkat tema kehidupan minoritas masyarakat muslim India di kota Bhopal. Di tengah banyaknya pemberitaan dan stigma negatif tentang muslim yang terpatri di pikiran masyarakat, maka kelompok kecil ini berusaha memecahkan stereotype tersebut agar bisa diterima dan dipahami dengan baik. Tantangan tak hanya di situ saja, cerita melebar dengan adanya berbagai konflik dan intrik yang muncul dari pemain-pemainnya. Mulai dari romantika, dendam, kebencian hingga persoalan sosial menghantam kehidupan mereka dan menjadikan serial ini semakin menarik dan pelik saja.

Berkisah tentang kehidupan percintaan dua generasi antara ibu, Zoya Farooqui (diperankan oleh Surbhi Jyoti) dan putrinya Sanam (diperankan juga oleh Surbhi Jyoti) dengan segala persoalan di dalamnya. Kisah berawal dari perjalanan cinta Zoya Farooqui yang saling jatuh cinta dengan Asad Ahmed Khan (diperankan oleh Karan Singh Grover), percintaan keduanya dihiasi oleh berbagai konflik. Utamanya datang dari teman wanita Asad bernama Tanveer (Amrali Gupta). Tanveer yang adalah teman kecil Asad sudah sejak lama menyukai Asad, dan ketika dia tahu Asad akan menikahi Zoya, Ia terbakar cemburu. Tanveer akan melakukan apa saja demi memisahkan Zoya Farooqui dari Asad Ahmed Khan.

Namun berbagai usaha yang dilakukannya selalu gagal total, bahkan Tanveer sempat ingin menjebak Zoya dan menikahkannya dengan adik tiri Asad tetap saja gagal. Cinta yang sudah begitu kuat antara Asad dan Zoya pada akhirnya bersatu dalam pernikahan. Pernikahan bahagia itu melahirkan putrid kembar bagi mereka yang diberi nama Sanam dan Seher. Sementara Zoya dan Asad menikmati kebahagiaannya, Tanveer justru belum bisa move on malahan semakin dendam dan bertekad akan membalaskannya.

Setelah dua puluh tahun berlalu, Sanam beranjak dewasa. Kini Ia telah memiliki kekasih bernama Ahil Raza Ibrahim (Karanvir Bohra). Siapa sangka, Ahil merupakan anak tiri dari Tanveer yang selama ini selalu mencari celah untuk balas dendam menghancurkan keluarga Zoya dan Asad. Mampukah Tanveer melaksanakan dendamnya? Bagaimana pula dengan Sanam yang sudah mulai mencintai Ahil? Saksikan serialnya di indosiar sejak 8 desember 2014 dan tayang setiap hari pukul 23.00 WIB.

Secara keseluruhan tak ada yang istimewa dari serial ini, bahkan kelasnya masih setara dengan sinetron Indonesia. pemilihan bintangnyapun terasa kurang. Selain aktingnya yang kurang natural, pemerannya berganti-ganti sehingga sedikit janggal melihatnya atau bahkan penonton bisa-bisa kebingungan. Samanya pemeran Sanam dan Zoya pun terasa sangat dipaksakan, seakan tidak ada cast yang lain. Bahkan rolling scene demi scene pun terasa kaku dan tidak mendapatkan suntingan yang baik. Jika dibandingkan, serial India yang ditayangkan ANTV masih jauh lebih baik. Serial ini secara implisit menunjukkan tidak digarap dengan serius dan berbudget rendah.

Namun demikian pemilihan tema cerita yang masih jarang diekspose ke layar patut diapresiasi, sayang sekali kurang dipresentasikan dengan baik. Serial Qubool Hai disutradarai oleh Gul Khan, Lalit Mohan dan Arshad Khan. Pertama kali tayang di Zee Tv pada 29 Oktober 2014 hingga sekarang dan sudah membukukan lebih dari 500 episode. Kini penonton Indonesia bisa menikmati serial ini di layar Indosiar. Apakah akan bertahan lama atau dibungkus sebelum seluruh episodenya usai? Kita tunggu saja nanti!

Last edited 18 March 2016