Pekan Kesebelas Liga Spanyol Mantapkan Posisi Barcelona di Papan Atas

Para penggemar tim-tim besar seperti Barcelona dan Real Madrid sudah bisa bernapas lega karena kedua tim ini sudah menemukan performanya. Jika Barcelona sudah mantap dengan raihan 27 poin, maka Real Madrid dan tim sekota, Atletico Madrid, masih harus berjibaku untuk bersaing dalam hal poin.

Pekan depan, Liga Spanyol akan kembali bergulir setelah pekan ini ada beberapa pertandingan kualifikasi EURO 2016. Berikut jadwal liga spanyol malam ini untuk pekan ke-12:

Jadwal Liga Spanyol Sabtu 21/11/15

Real Sociedad vs Sevilla

Jadwal Liga Spanyol Minggu, 22/11/15

Real Madrid vs Barcelona

Valencia vs Las Palmas

Deportivo La Coruña vs Celta de Vigo

Espanyol vs Málaga

Villarreal vs Eibar

Sporting Gijón vs Levante

Jadwal Liga Spanyol Senin, 23/11/15

Real Betis vs Atlético Madrid

Granada vs Athletic Club

Berikut hasil liga spanyol beserta dengan klasemen liga spanyol sementara di pekan kesebelas.

Sevilla 3-2 Real Madrid (Ramon Sanchez Pizjuan)

Immobile (36’), Ever Banega (61’), Fernando Llorente (74’); Sergio Ramos (22’), Rodriguez (93') Kekalahan Real Madrid dari tim tuan rumah Sevilla, bukan hanya jadi batu sandungan untuk dapat menyamai poin rival sepanjang masa, Barcelona. Kalah tipis 3-2 dari Sevilla juga menjadi catatan kekalahan untuk pertama kalinya di musim ini.

Real Madrid sempat sangat percaya diri tatkala Sergio Ramos mencetak gol perdana bagi tim tamu di menit ke 22, melalui tendangan mautnya. Namun, sayang, keunggulan sementara ini pupus setelah Ciro Immobile mencetak gol pertamanya untuk Sevilla, 16 menit kemudian.

Suporter tuan rumah kembali bersorak setelah Ever Banega menambah keunggulan di babak kedua, sebelum akhirnya Sevilla berhasil memantapkan raihan tiga poin penuh setelah sundulan Fernando Llorente di menit ke 74 membuyarkan impian Real Madrid untuk mempertahankan rekor tak terkalahkan di sebelas pertandingan Liga Spanyol.

Gol James Rodriguez di injury time tidak dapat menyelamatkan Real Madrid yang ingin menyamakan kedudukan dengan Barcelona, yang sudah meraih poin 27 setelah menang telak atas Villareal. Dalam pertandingan ini, pengamat bola menyorot penampilan ciamik Sergio Rico. Meski tidak mencetak gol, kiper muda Spanyol ini berhasil menyelamatkan gawang timnya dari serbuan para eksekutor handal Real Madrid. Pujian juga dilayangkan kepada Ever Banega, yang bukan hanya berhasil menyumbang satu gol untuk Sevilla, tetapi juga berhasil menghambat laju para pemain Real Madrid. Meski pemain berusia 27 tahun ini diplot untuk memantapkan pertahanan, namun naluri menyerangnya saat pertandingan melawan Real Madrid patut diacungi jempol.

Barcelona 3-0 Villarreal (Nou Camp)

Neymar (60’. 85’); Suarez (70’ pen)

Gol cantik Neymar menjadi sorotan pecinta bola dan pengamat La Liga. Gol individunya yang dicetak setelah memanfaatkan umpan dari Luis Suarez digiring melewati para pemain belakang Villareal, sebelum akhirnya ia melakukan tendangan voli dan mengoyak jala Villareal. Gol Neymar sebelumnya juga mengejutkan para pemain lini belakang tim tamu setelah pemain asal Brazil ini berhasil memanfaatkan passing dari Sergio Busquets.

Kemenangan sempurna Barcelona dimantapkan oleh Luis Suarez yang memanfaatkan hadiah tendangan penalti, setelah Jaume Costa menjatuhkan Munir El Haddadi.

Kemenangan ini adalah kemenangan keempat secara berturut-turut, dimana Barca makin percaya diri saat akan menghadapi Real Madrid, 21 November 2015, setelah libur internasional.

Dalam pertandingan ini, ada beberapa pemain yang dianggap sangat mumpuni, selain Neymar si pencetak gol. Sergio Busquets, dianggap sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia oleh sang manajer, Luis Enrique. Pernyataan ini tidak berlebihan, karena pemain andalan timnas Spanyol ini sering memberi umpan-umpan cantik kepada para penyerang, terutama Neymar yang akhirnya berhasil mencetak gol perdananya di pertandingan pekan kesebelas ini. Neymar sendiri menjadi bintang pertandingan di malam itu. Selain karena dua gol cantiknya, Neymar juga sulit dikendalikan oleh para bek Villareal.

Atletico Madrid 1 – 0 Sporting Gijon (Vicente Calderon)

(Griezmann 93’)

Meski hanya berhasil membukukan satu gol, Atletico Madrid cukup puas karena dapat memperkecil selisih poin dengan rival utamanya, Real Madrid. Sang bos, Diego Simeone menganggap bahwa kemenangan ini memang wajar terjadi, meski untuk membukukan satu gol di menit akhir perlu perjuangan tanpa henti. "Tim kami berjuang keras, meski akhirnya hanya satu gol yang bisa dicetak. Pertandingan ini sangat sulit karena lawan kami bermain sangat bagus. Beruntung para pemain tetap bermain stabil sejak pertandingan dimulai hingga berakhir,” kata Simeone yang menganggap bahwa pertandingan di pekan kesebelas ini sangat sulit dimenangkan.

"Sejak bermain melawan Real Sociedad, kami sudah memenangkan empat pertandingan, dan dua kali seri. Bahkan, sangat sulit untuk mencetak gol. Hal ini membuktikan bahwa semua tim di Liga Utama benar-benar sulit dikalahkan,’ lanjutnya.

Sundulan Antoine Griezmann membangkitkan semangat para pendukung Atletico di hari Minggu, 8 November lalu. Namun demikian, penampilan para tim tamu juga tidak main-main. Pasukan Sporting Gijon banyak bermain bertahan, namun juga tidak buruk dalam melakukan penyelamatan gawang. Luis Hernandez adalah sosok paling perkasa sore itu, dimana kiper andalan Gijon ini berhasil menyelamatkan peluang-peluang gol cantik, tanpa emosi.

Dari pertandingan ini, Atletico berhasil maju ke peringkat ketiga klasemen sementara La Liga dengan poin 23, terpaut satu poin dari runner up Real Madrid. Sedangkan Sporting Gijon berada di posisi 14 dengan nilai 12.

Pekan kesebelas La Liga juga menyuguhkan pertandingan cantik antara Las Palmas yang berhasil unggul 2 – 0 dari tim tuan rumah, Real Sociedad. Kekalahan Sociedad yang membuat tim ini kian terpuruk di posisi 18 dengan poin 9 mengancam karir sang pelatih, David Moyes. Las Palmas sendiri juga bukan tim yang selamat dengan kekalahan ini, mengingat tim ini masih harus berjuang untuk lepas dari jurang degradasi. Las Palmas kini berada di posisi 17 dengan raihan poin 9.

Sementara itu, Valencia unggul telak 5-1 win atas Celta Vigo beruntung tetap berada di posisi 4 dengan nilai 21, meski harus babak belur dari tim tuan rumah. Di pertandingan lainnya, Levante juga masih harus bersabar di posisi terbawah setelah bermain imbang atas tamunya, 1-1 Deportivo La Coruna. Sementara itu, Eibar masih mempertahankan posisinya di peringkat enam setelah menaklukkan Getafe 3-1 pada Sabtu, 7 November sebelum Rayo Vallecano mencatatkan kemenangan 2-1 atas Granada, yang tetap berada di posisi kedua terbawah. Tim lain yang juga meraih tiga poin adalah Real Betis yang menang tipis 1 – 0 atas Malaga.

Last edited 18 November 2015