Sinopsis dan Pemain Film Indonesia "Mooncake Story" (2017)

sinopsis moon cake story 2017

Benarkah uang bukanlah segalanya? Memang, uang tak berarti apa-apa jika pemiliknya tak memiliki kesehatan prima. Namun, uang sangat dibutuhkan bagi mereka yang memerlukan sekedar sandang dan pangan. Fenomena yang terjadi dalam masyarakat ini akan digarap secara apik oleh Garin Nugroho melalui sinopsis film “Mooncake Story”.

Garin Nugroho tak pernah tanggung-tanggung dalam menggarap film apapun. Pemerhati film, serta ‘penggila’ bioskop pun paham hal tersebut. Kali ini, mereka pasti memberi acungan jempol akan film yang akan dirilis pada 23 Maret 2017 mendatang secara serentak di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia (Lihat jadwal Cineplex 21 atau jadwal bioskop terbaru lainnya di Indonesia).

Film “Mooncake Story” mengisahkan tentang dua tokoh utama kita yang memiliki perbedaan strata sosial dan ras. Aktor utama kita, David, adalah seorang pengusaha muda nan kaya raya meskipun kekayaan ini tidaklah ia dapatkan dengan mudah. Terlahir dalam keluarga miskin nan papa, ia bekerja keras sedemikian rupa sehingga ia dapat mewujudkan cita-citanya untuk hidup lebih dari sekedar berkecukupan.

Aktris utama kita disini adalah seorang wanita asal Jawa Tengah bernama Asih, yang baru saja ditinggalkan suaminya. Ia memiliki satu anak yang harus ia beri makan dan pendidikan layak. Ia merasa bahwa penghasilannya dari membuat jajanan pasar tidaklah cukup.

film moon cake story 2017

Terbeban untuk mengubah nasib, ia pun nekad ke Jakarta. Tanpa berbekal uang dan pendidikan yang mumpuni, apa yang bisa dilakukan seseorang di ibukota yang membutuhkan biaya hidup tinggi? Jangan berpikir buruk terlebih dulu, karena aktris utama kita ini memutuskan untuk menjadi joki 3 in 1 di Jakarta.

Takdir mempertemukan mereka berdua saat Asih menumpang mobil David. Tanpa mereka sangka, pertemuan mereka terjadi berkali-kali. Tentu saja, komunikasi intens selalu mereka lakukan sehingga mereka merasa sangat akrab. David merasa menemukan kasih sayang seorang ibu yang lama tak ia rasakan, apalagi ia juga pernah menjadi bocah miskin yang dibesarkan sendirian oleh ibunya.

Asih juga menaruh iba pada David, yang kebahagiaannya tak sebesar kekayaannya. David mengalami penyakit Alzheimer setelah ditimpa berbagai macam masalah. David kehilangan istrinya yang meninggal dan ia pun harus mengendalikan perusahaan keluarga. Sebagai pemegang keputusan, ia ditekan untuk dapat mengembalikan kejayaan perusahaan yang sedang mengalami krisis berat.

Pertemuannya dengan Asih membuat dirinya mengingat masa kecil yang ia alami. Asih pun berupaya keras untuk mengembalikan semua ingatan David, dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang pernah ia datangi sebelumnya. Tidak hanya itu, ia terus mengajak David di tengah kerumunan orang banyak sehingga ingatan David dapat terus digali.

Sebaliknya, keluarga David tak peduli dengan ingatan David. Yang terpenting bagi mereka adalah David harus segera mengambil keputusan penting, dan mewariskan perusahaan tersebut kepada salah satu anggota keluarga yang lain, sebelum ingatannya benar-benar hilang.

Pemain Film Mooncake Story (2017)

“Mooncake Story” digarap dengan sangat apik melalui pemilihan pemain utama yaitu para aktor dan aktris watak seperti Bunga Citra Lestari, Jaja Miharja, Dedi Sutomo. Khusus bagi BCL dan Morgan Oey, mereka melakukan observasi menyeluruh akan perannya. Bagi banyak orang, BCL sudah cukup senior untuk sekedar berperan sebagai joki 3 in 1. Padahal, menurut aktris cantik ini, perannya sangat menantang karena ia tidak hanya mencari nafkah dengan menumpang mobil David, tetapi juga berupaya memulihkan ingatannya.

Sama halnya dengan Morgan Oey, ia merasa punya tantangan besar dalam perannya kali ini di film Moon Cake Story. Biasanya, ia berperan sebagai seorang pengusaha muda yang ‘normal’. Kali ini, ia adalah pengidap Alzheimer akut. Ia mengatakan bahwa ia melihat sendiri bagaimana tingkah laku, cara bicara serta cara berpikir dari para penderita penyakit yang menyerang otak ini.

Menurut dia, penderita Alzheimer mengalami dilematis luar biasa. Mereka merasa bahwa mereka dapat berpikir secara normal, tetapi nyatanya mereka tak dapat mengambil keputusan dengan cepat. Bahkan, para penderita akut benar-benar tak dapat mengingat apapun yang baru saja terjadi.

pemain moon cake story 2017

Morgan sempat sangat gugup karena harus berpasangan dengan aktris senior macam Bunga Citra Lestari, dan juga beberapa aktor senior lainnya. Namun demikian, ia menerima saja tawaran ini karena ia mendapat kehormatan saat menerima tawaran dari sutradara sekaliber Garin Nugroho.

Jangan membayangkan bahwa film Indonesia terbaru “Mooncake Story” akan menghadirkan kisah cinta David dan Asih. Keduanya memang saling mencintai pada akhinya. Tetapi, kisah cinta mereka bukan sekedar cinta sesaat yang terjadi dalam roman picisan. Keduanya sadar bahwa uang bukanlah segalanya meskipun semua orang membutuhkan uang untuk bertahan hidup.

Namun demikian, banyak hal yang dapat dipelajari oleh Asih yang sempat ingin hidup kaya raya setelah datang ke Jakarta. Bercermin pada David yang tak dapat menikmati kekayaannya karena diserang penyakit yang dapat melumpuhkan pusat aktifitasnya, Asih sadar bahwa ia sangat beruntung dan ia pun membagi kasih sayangnya kepada David yang sangat membutuhkannya.

Last edited 3 weeks ago