Sinopsis Anandhi Lebih Menarik dari Uttaran?

Lihat juga bocoran cerita sinopsis Anandhi episode terakhir (season 1)

Memangnya ada, drama seri Bollywood yang lebih panjang dari Uttaran? Kalau Uttaran berhasil menghebohkan India sejak penayangannya di Colors TV sebanyak kurang lebih 1500 episode, "Balika Vadhu — Kachchi Umar Ke Pakke Rishte" juga menjadi buah bibir sejak pertama kali ditayangkan di stasiun televisi yang sama pada 21 Juli 2008 hingga sekarang.

Per 16 Juli 2016 kemarin, drama yang kita saksikan bersama-sama dengan judul Anandhi ini sudah mencapai episode terakhirnya. Tentu saja sinopsis Anandhi yang akan anda baca di artikel ini juga akan cukup panjang nantinya.

Pihak ANTV sengaja mengambil judul Anandhi supaya lebih mudah diingat. karena drama ini akan mengisahkan kisah hidup dramatis dari seorang 'gadis' yang menjadi korban dari pernikahan (sangat) dini. KIta pernah mendengar fenomena pernikahan di usia anak-anak, yang diunggah dalam drama seri Gangaa. Kali ini, pemirsa dipastikan hanyut dalam luapan emosi yang dirasakan oleh Anandhi, sebagai korban pernikahan di usia anak-anak.

sinopsis anandhi hingga episode terakhir

Lihat juga sinopsis Thapki dan akhir ceritanya di ANTV.

Inti Cerita Sinopsis Anandhi Secara Garis Besar

Pinggiran Rajasthan. Seorang gadis cilik berusia 11 tahun, Anandhi, menerima takdirnya untuk dinikahkan dengan seorang bocah juga bernama Jagya, cucu satu-satunya dari Kalyani Devi, seorang janda yang sangat kolot dimana implementasi ritual dan tahyul adalah hal yang tak terpisahkan.

Di usia itu pula, Anandhi harus menerima nasibnya sekaligus membiasakan dirinya dengan orang-orang asing yang merupakan keluarga besarnya. Anandhi juga harus menjalani perannya sebagai istri dan menantu di usianya yang masih anak-anak. Beban ini menjadi berat baginya dan ia harus memikul beban yang ia tanggung sejak kecil hingga dewasa.

Anandhi menjadi ipar dari Bhairav dan Vasant. Bhairav dan istrinya, Sumitra memiliki dua anak yakni Jagdish dan saudara perempuannya Suguna. Vasant adalah duda tanpa anak, sedangkan Gehna adalah istri kedua Vasant, dimana dalam perjalanan pernikahan mereka, Gehna cukup berani dalam menentang pemikiran kuno dari Kalyani Devi. Kalyani pun berencana menyingkirkan Gehna sebelum akhirnya ia tahu kalau Gehna mengandung. Transformasi sikap tak terjadi kendati Gehna sudah memberikan cucu untuk Kalyani. Namun, Vasant selalu ada di samping Gehna, setiap ibunya bertindak tak adil kepada istrinya itu

Ketidakadilan juga menimpa Anandi, yang lahir dari orang tua miskin. Suatu hari, orang tua Anandi harus kehilangan tanah karena menumpuknya hutang kepada Mahavir Singh. Anandi meminta bantuan kepada Kalyani Devi dan tentu saja, bantuan tidak mungkin ia dapatkan. Tapi, Anandhi dan Jagya memohon kepada Mahavir Singh untuk membantu kedua orang tua Anandhi yang harus mendapatkan perawatan medis.

Mengetahui hal ini, Kalyani Devi marah besar dan mengusir Anandhi dari rumahnya. Kemiskinan ini memaksa Anandhi dan Jagya untuk menjadi pembantu di rumah Mahavir Singh karena ia sudah membantu biaya operasi kaki dari ayah Anandhi.

Nah, apa kaitannya antara Mahavir Singh dan Kalyani Devi? Kenapa Kalyani demikian marah kepada Anandhi? Makin seru bukan sinopsis Anandhi (ANTV) ini? simak terus ulasan berikutnya:

Ternyata Mahavir Singh adalah ipar dari Kalyani, meskipun keduanya menjalin hubungan terlarang setelah kematian suami Kalyani. Namun, keduanya terlibat perselisihan dan berpisah dengan dendam yang masih membara. Apapun akan dilakukan Mahavir Singh untuk membuat Kalyani Devi sengsara, bahkan dia juga ingin membuat seluruh penduduk desa di tempat Kalyani tinggal, ikutan sengsara.

Ada sebuah rahasia yang nantinya akan merubah kehidupan keluarga besar Anandhi, dimana Vasant sebenarnya adalah anak dari Mahavir Singh, yang tidak pernah ia ketahui. Istri Mahavir Singh, menitipkan bayi Vasant sebelum ia meninggal, dan meminta Kalyani untuk merahasiakannya. Rahasia ini akhirnya bocor ke telinga Mahavir dan ia pun berupaya keras untuk mengambil kembali Vasant.

sinopsis anandhi antv lengkap

Lihat juga sinopsis Mohabbatein dan akhir ceritanya di jadwaltelevisi.com

Bukan hanya tentang pernikahan di usia belia, tetapi juga keberlangsungan hubungan antara Anandhi dan Jagdish yang terlihat langgeng dan baik-baik saja karena Jagdish adalah sosok pria modern yang tidak pernah menghalangi Anandhi untuk mengembangkan wawasan.

Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, Jagdish yang punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik di sebuah universitas di luar kota, dengan mudah bersenang-senang terutama karena ia bertemu dengan seorang wanita yang juga sedang kuliah di universitas yang sama, Gauri.

Jagdish menikahinya dan hal ini menyakitkan Anandhi. Bukan karena dipoligami, tetapi juga karena Anandhi dihina Jagdish sebagai wanita yang tak berpendidikan tinggi. Selidik punya selidik, Gauri adalah seseorang dari masa lalu Jagdish, yakni Gudiya. Kalyani Devi, nenek Jagdish sengaja mendekatkan mereka berdua supaya Gauri menjadi istri kedua Jagdish.

Ini belum seberapa. Jagdish yang sempat menikah dengan Gauri tetapi kehilangan anaknya karena Gauri yang keguguran, mencari kambing hitam, dan 'kambing hitam' itu adalah Anandhi. Anandhi bertahan meski nantinya Gangaa akan menjadi Gauri kedua. Padahal, Anandhi sudah berupaya keras mengangkat derajat Gangaa dengan memberinya kesempatan untuk bersekolah lagi.

Sampai dimana kesabaran Anandhi? Kesabarannya habis saat ada seseorang yang memandangnya sebagai seorang wanita terhormat dan patut disegani. Ia adalah Shivraj Alok Shekhar. Memang, Anandhi tak serta merta membalaskan dendamnya karena pengkhianatan Jagdish. Ada beberapa proses yang ia lalui sebelum akhirnya ia sadar bahwa ia tidak perlu menyiksa diri dengan membiarkan harga dirinya diinjak-injak.

Sinopsis Anandhi pada akhirnya nanti juga akan mengisahkan perceraian Anandhi dengan Jagdish. Apalagi, ia terpilih sebagai duta perempuan dari Jaitsar yang berhasil memajukan pendidikan di daerah tersebut. Saat penghargaan tersebut ia terima, momen tersebut adalah pertemuan pertamanya dengan Shiv. Kisah PDKT mereka bukan seperti remaja yang tengah kasmaran. Mereka berdua tak ingin mencampuradukkan perasaan dengan tugas mereka masing-masing yakni memajukan pendidikan di wilayah tersebut.

Hubungan mereka berdua--pada awalnya--hanyalah hubungan saling menghormati satu sama lain. Shiv sendiri enggan hanyut dalam perasaannya, dan Anandhi pun demikian karena ia tidak sedang ingin menjalin hubungan asmara lagi. Tetapi, semua anggota keluarga, baik ibu maupun saudara-saudara ipar Anandhi mendukung hubungan mereka berdua. Hingga ibu Anandhi meninggal dan meminta Anandhi untuk menikah dengan Shiv, Anandhi bergeming.

sinopsis anandhi makin seru setelah anandhi dan jagdish dewasa

Lihat juga sinopsis Lonceng Cinta dan akhir ceritanya di jadwaltelevisi.com.

Hal ini didengar oleh Jagdish dan egonya pun terusik, terlepas dari status mereka yang sudah tak lagi diikat oleh pernikahan. Nah, silakan tunggu bagaimana kelanjutan hubungan antara Anandhi dan Shiv pada akhirnya. Di India, para pemirsa sangat mendukung hubungan mereka, bahkan sampai ada poling dari charge.org dimana situs ini menawarkan survey apakah Anandhi pantas bersanding dengan Shiv atau tidak!

Konflik, intrik dan persaingan yang terjadi antar keluarga dalam drama ini tidak berakhir sampai disitu. Karena itulah, drama berjudul Anandhi ini menjadi drama terpopuler selama tujuh tahun hingga mencapai episode terakhirnya tahun 2016 ini.

Ingin tahu kelanjutan kisah Anandhi hingga episode terakhirnya? simak bocoran akhir cerita Anandhi untuk season 1 yang akan tayang di ANTV dalam waktu dekat.

Namun demikian, ada perbedaan yang cukup signifikan dengan tema cerita dari drama Bollywood lain yang kerap mengunggulkan intrik dalam persaingan bisnis dan percintaan. Sinopsis Anandhi berbeda, sehingga drama ini mengundang pujian karena bertahan dengan idealisme yang sudah diterapkan oleh produser dan sutradara sejak awal.

Tidak banyak yang tahu bahwa di balik panjangnya episode “Balika Vadhu” atau “Anandhi”, terdapat perselisihan antara penulis naskah season 1 dan pihak produser. Penulis naskah asli “Anandhi”, Purnendu Shekhar mengaku bahwa ia sengaja berhenti dari rumah produksi tersebut, karena tidak adanya kecocokan dalam hal kreatifitas pengembangan cerita. Selain itu, ia menemukan bahwa cerita yang diunggah ternyata berbeda dengan yang sudah ia tuliskan. Purnendu Shekhar dan penulis lainnya, Gajra Kottary sepakat meninggalkan rumah produksi tersebut.

sinopsis serial Anandhi season 2

Lihat juga sinopsis Gopi, profil pemain, dan akhir ceritanya di ANTV.

Yang lebih mengejutkan lagi, sutradara Sidharth Sengupta juga sudah meninggalkan rumah produksi. Rupanya, film drama “Anandhi” sedikit berbeda karena kini drama ini menghadirkan cerita yang menyinggung kisah percintaan antara tokoh-tokohnya. Tentu saja, hal ini berbeda dengan konsep awal “Anandhi” yang sebelumnya lebih menonjolkan kisah nyata tentang tertindasnya kaum perempuan, terutama anak-anak di India, yang tidak mendapatkan hak untuk bermain dan belajar di usia sekolah.

Resep Sukses Rating Tinggi "Anandhi"

Sejauh ini, sukses Anandhi di layar kaca India merupakan buah dari konsistensi sang sutradara, Sidharth Sengupta, yang tidak mengubah inti dari tema cerita sejak awal. Drama ini tetap mempertahankan rating tinggi selama tujuh tahun berturut-turut karena isu yang diangkat tetap seputar kehidupan sosial dari kebanyakan warga India, dimana kerap terjadi pernikahan di usia anak-anak, kekerasan dalam rumah tangga, bahkan perlakuan tak manusiawi bagi mereka yang menyandang status janda.

Sekedar intermezzo saja, fenomena ini sebenarnya tidak hanya terjadi di India, tetapi juga di beberapa negara di Asia Selatan seperti Bangladesh, Nepal serta negara-negara di Afrika. India berada di peringkat keenam dari negara yang memberlakukan pernikahan anak perempuan di bawah 18 tahun dan khitan untuk bayi perempuan. Bahkan di era modern seperti sekarang ini, praktek menyedihkan yang melanggar hak asasi manusia ini masih saja terjadi.

Beberapa wanita yang sempat menjadi korban pernikahan di usia sangat dini ini bisa lolos dan berhasil memperbaiki nasib. Namun, banyak pula dari mereka yang tidak dapat meninggalkan desa dan terperangkap dalam lingkaran setan kemiskinan dan penderitaan, atas nama tradisi yang sudah turun temurun diterapkan. Semuanya ini, akan dapat disaksikan dalam sinopsis serial Anandhi.

Kembali ke drama "Anandhi". Meskipun banyak sekali karakter-karakter baru bermunculan dalam drama ini, esensi drama ini masih bertahan dan hal inilah yang membuat "Anandhi" meninggalkan kesan mendalam, serta efek positif bagi para generasi muda yang beruntung karena tidak tinggal dalam lingkungan yang bisa memaksa mereka untuk menikah di usia yang tidak sepatutnya.

Banyak pengamat drama Bollywood yang memuji habis sinopsis Anandhi (ANTV) ini, karena jarang sekali ada drama yang memberikan unsur pendidikan moral, berdasarkan fakta yang sehari-hari masih terjadi di beberapa pelosok negeri India.

Soal rating? “Balika Vadhu” mengalami penurunan rating secara signifikan setelah musim kedua ditayangkan dua bulan. Menurut aktris pemeran Nandini, Mahhi Vij, penurunan rating ini disebabkan karena perubahan jam tayang, dari jam 20.00 menjadi 18.30. Terlepas dari benar atau tidaknya, cerita sinopsis Anandhi memang mengalami perubahan plot yang cukup drastis di season keduanya.

Peran Apik Pemain "Anandhi" dan "Jagya" Cilik

Avika Gor pemain Anandhi Kecil

Tokoh utama dalam pernikahan anak-anak ini adalah Anandhi yang menikah dengan Jagya, Nantinya, kita akan menyaksikan 3 sosok Anandhi dan Jagya dari generasi yang berbeda. Selama 500 episode awal, kita akan menyaksikan peran apik dari kedua tokoh utama ini, saat ia baru dinikahkan, hingga mencapai usia 11 tahun.

Avika Gor, pemeran tokoh Anandhi yang kita lihat di teaser yang sering muncul itu, bahkan mendapatkan banyak penghargaan, meski nanti porsi penampilannya lebih sedikit daripada Anandi remaja, yakni Pratyusha Banerjee dan Anandhi dewasa, Toral Rasputra. Avika Gor mendapatkan penghargaan sebagai aktris cilik terbaik di ajang Indian Telly Awards 2008, 2009 dan 2010.

Penghargaan yang sama juga didapatkan oleh Avinash Mukherjee, yang berperan sebagai Jagdish Bhairon Singh atau Jagya, suami dari Anandhi. Aktor yang kini sudah menginjak 15 tahun di tahun ini meroket namanya sejak ia bermain dalam "Anandhi". Ia memenangkan penghargaan sebagai aktor cilik terbaik, di New Talent Awards dan Indian Telly Awards 2009, serta kategori serupa di 3rd Boroplus Gold Awards tahun 2010.

Patut disimak bahwa drama ini mendulang sukses sedemikian hebat di Vietnam, dimana pecintanya menikmati drama ini dengan judul "Cô Dâu 8 Tuổi" sejak 11 November di TodayTV. Kadar popularitas drama ini di Vietnam kira-kira sama dengan popularitas Mahabharata dimana pihak stasiun televisi terkait sampai mengundang Avika Gor, pemeran Anandhi muda yang tampil hingga episode ke 516, serta Avinash Mukherjee dan Smita Bansal.

Mereka mengunjungi VIetnam selama dua hari dan menimbulkan demam Anandhi dalam kurun waktu beberapa bulan setelah kedatangan mereka. Asal tahu saja, drama ini merupakan salah satu drama impor yang paling diminati di negara tersebut, terbukti dari kata kunci judul drama ini berada di peringkat 9 kata kunci pencarian Google di Vietnam tahun lalu.

Apakah nantinya popularitas Anandhi di negeri ini bakal seheboh di Vietnam? Di Kazakhstan, drama ini juga mendapat perhatian sangat besar dari para penggemarnya, dan bisa jadi, Anandhi bakal menyaingi popularitas Veera dan Uttaran. Tampaknya, ANTV berniat menayangkan drama ini sebagai pengganti Beinteeha. Jika demikian, kans untuk menyodok posisi Uttaran dalam jajaran rating tertinggi akan semakin besar.

Demikianlah sinopsis Anandhi yang akan segera tayang di ANTV dalam waktu dekat ini. Ikuti terus perkembangan update terbaru seputar serial terbaru ANTV dan jadwal penayangannya (lihat jadwal ANTV selengkapnya).

Last edited 04 November 2016