Sinopsis Serial Turki Cinta Elif (TV ONE)

sinopsis cinta elif

Sinopsis Cinta Elif - Sudah bosan dengan serial drama dari tanah India? Sedang gandrung dengan drama-drama percintaan dari Turki? Kurang puas dengan tayangan drama Turki yang sudah ada? Berarti Cinta Elif bisa jadi alternatif tontonan di malam hari. Cinta Elif, baru saja ditayangkan oleh televisi yang sedang gencar menyiarkan drama serial dari Turki, TV ONE.

Anda bisa menyaksikan serial drama Turki terbaru TV ONE ini setiap harinya pada pukul 22:00 WIB (lihat update jadwal TV ONE).

Masihkah Menyajikan Kisah Cinta Rumit dan Berbelit-belit?

Banyak orang meyakini bahwa drama dari Turki jauh lebih dapat diikuti tanpa membuat para pemirsa ‘capek’ dengan kerumitan cerita yang diusungnya. Hal ini juga berlaku pada sinopsis Cinta Elif. Film yang memiliki judul asli “Kara Para Aşk” ini tidak sekedar menyuguhkan kisah cinta tak berujung seperti sinetron Turki lainnya seperti Shehrazat dan Cinta di Musim Cherry. Cinta Elif mengajak pemirsa untuk melihat ke sisi yang lebih dalam akan pemahaman cinta sejati, sekaligus menyaksikan sisi kriminalitas tingkat tinggi yang marak terjadi di negeri tersebut.

"Kara Para Aşk" atau yang dalam bahasa Inggris berarti: "Love in Black Money" adalah salah satu serial andalan Turki, yang ternyata juga ditayangkan di puluhan negara lain di Asia, Timur Tengah dan juga Eropa Selatan. Drama ini pertama kali ditayangkan oleh stasiun televisi ATV sejak 12 Maret 2014. Drama seri ini diangkat dari novel karya Karadayi dengan judul yang sama.

Sinopsis Cinta Elif secara singkat:

Episode-episode awal “Cinta Elif” dibuka dengan kisah dua sosok peran utama, dengan latar belakang kehidupan yang berbeda. Dua orang ini sama-sama akan kembali ke negaranya, Turki, dengan tujuan berbeda. Namun, saat keduanya kembali ke negara masing-masing, takdir mempertemukan mereka meski keduanya harus mengalami hal yang tragis secara bersamaan.

Tokoh pertama adalah Ömer Demir, seorang polisi yang sangat mendedikasikan diri kepada pekerjaan. Suatu hari, ia telah berhasil menangkap seorang kriminal dan sukses memenjarakannya, dan ia pun mendapat cuti untuk pulang ke Istanbul. Ia memang telah berencana untuk bertunangan dengan kekasihnya.

Hal serupa juga dialami oleh Elif Denizer, seorang desainer ternama yang sukses merantau di Roma. Ia sudah berjanji akan pulang dan merayakan ulang tahun di tanah kelahirannya.

Kenyataan pahit mereka temui saat tunangan Ömer dan ayah Elif ditemukan tewas dalam satu mobil. Hal ini memunculkan banyak dugaan negatif tentang hubungan keduanya. Ömer sempat berpikir bahwa sang tunangan telah berkhianat dan menjalin hubungan rahasia dengan ayah Elif.

sinopsis cinta elif

Selidik punya selidik, ternyata keduanya bukanlah pasangan yang terlibat asmara. Tunangan Ömer terbukti masih gadis. Hanya saja keduanya harus terlibat dalam sebuah kejahatan yang tidak mereka ketahui. Sebagai seorang polisi, insting untuk menyelesaikan masalah pun terus membuat Ömer tak menyerah. Ia berusaha mencari tahu apa saja yang ada dalam kamar sang tunangan.

Ömer menemukan sebuah berlian, meski palsu, di kamar tunangannya. Ömer pun bertekad menyelidiki mobil yang dijadikan barang bukti, meski seharusnya hal ini bukanlah wewenangnya. Ternyata, ia pun menemukan berlian yang sama, meski palsu juga.

Sebaliknya, Elif—yang tidak tahu menahu tentang berlian tersebut—justru harus mendapati kenyataan bahwa sang adik diculik. Sang penculik mengancam Elif untuk mengembalikan berlian yang dibawa oleh ayahnya. Tentu, Elif pun kebingungan karena ia tidak tahu menahu tentang urusan ayahnya, seorang pebisnis yang ternyata mengalami kebangkrutan.

Ömer sempat memaksa Elif dan bertanya tentang banyak hal yang sudah terjadi. Elif yang ketakutan pun selalu menghindar dari Ömer. Elif pun kembali ke kota Roma, bukan karena ia kembali bekerja, tetapi sang penculik mengatakan bahwa berlian yang harus dikembalikan kepada sang mafia sedang berada di kota Roma. Tanpa Elif sadari, Ömer mengikutinya dan mengamati setiap gerak-gerik Elif di kota tersebut.

Di adegan lain, diceritakan pula bahwa Elif dan keluarganya tidak menyadari bahwa sebenarnya sang pengkhianat adalah sahabat karib dari ayahnya sendiri.


Profil Pemain / Pemeran "Cinta Elif"

Popularitas drama seri Turki berjudul Kara Para Aşk dapat dimaklumi karena drama ini meraih beragam penghargaan di tahun 2015. Selain mendapat penghargaan sebagai drama seri terpopuler di beberapa negara seperti Iran, Pakistan, Afghanistan, Albania, UAE, Kroasia dan Indonesia, drama yang kita kenal dengan judul “Cinta Elif” ini dibintangi oleh aktris dan aktor yang terpilih secara selektif oleh sutradara bertangan dingin, Ahmet Katıksız.


Tuba Büyüküstün (Pemeran Elif Denizer)

pemeran serial drama turki Cinta Elif

Dari postur dan wajahnya, kita bisa menilai latar belakang wanita cantik ini. Tuba Büyüküstün lahir di Istanbul pada 5 Juli 1982, ia memang memulai karir sebagai bintang iklan untuk puluhan jenis produk. Hal ini sudah ia jalani sejak menjalani kuliah Universitas Mimar Sinan Fine Arts, jurusan Desain Kostum dan Panggung, Istanbul. Di tahun 2003, ia mendapat peran sebagai Nesrin, dalam drama seri “Sultan Makamı.”

Setelah itu, wajahnya tak permah lagi absen di dunia layar kaca dan layar lebar, hingga tahun ini dalam film “Dar Elbise” berperan sebagai Helin. Sejak tahun 2005, ia sudah meraih banyak penghargaan untuk perannya. Tentu, penghargaan terbanyak adalah perannya menjadi Elif Denizer di Kara Para Aşk.

Rambut indahnya membawa berkah bagi dirinya saat ia didapuk menjadi duta salah satu merk shampoo terkenal. Tetapi, wanita yang memiliki dua puteri kembar ini juga menjadi salah satu duta UNICEF dari Turki untuk memperjuangkan hak-hak anak di seluruh dunia.

Bagi seorang selebriti secantik Tuba Büyüküstün, kehidupan yang bebas dari gosip adalah hal yang luar biasa. Memang, ia sangat menjaga imej sebagai sosok wanita cerdas dan peduli dengan lingkungan, serta menjunjung tinggi kehormatan keluarga. Ia menikah dengan Onur Saylak pada 2011.

Sebagai pemeran Elif, kiprahnya di dunia seni peran Turki tergolong masih sangat baru. Ia baru dikenal publik pada tahun 2012, saat ia membintangi “20 Dakika”, dimana ia juga dinominasikan sebagai Aktris Terbaik di 42nd International Emmy Award.


Engin Akyürek (Pemeran Ömer Demir)

Engin Akyürek, aktor kenamaan Turki, dipercaya membintangi drama seri yang sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan, baik domestik maupun mancanegara. Maklum saja, drama ini ditayangkan di Korea, Iran, Cili, Arab, Albania, Pakistan, Kroasia, Afganistan, dan banyak lagi. Bahkan, Engin juga sedang dinominasikan sebagai pemeran utama terbaik di drama yang paling populer di Eropa Selatan dan Timur Tengah.

pemain cinta elif Engin Akyürek

Engin pertama kali dikenal oleh publik pecinta seni Turki saat membintangi serial televisi “Yabanci Damat”. Sejak itu, ia mendapatkan atensi lebih dari pecinta drama Turki, terutama kaum hawa. Setelah itu, ia pun membintangi film pertamanya "Kader" di tahun 2006. Dari perannya, ia memenangkan penghargaan CASOD dan SIYAD pada tahun yang sama dengan gelar sebagai "Aktor Paling Berbakat".

Drama seri terbaru yang ia bintangi adalah “Bi Küçük Eylül Meselesi” dan kemudian “Kara Para Aşk” atau yang kita kenal sebagai Cinta Elif itu. Dari drama ini, Engin mendapatkan gelar sebagai Aktor Terbaik di Seoul Drama Awards 2015. Saat ini, Engin sedang menjalani proses syuting di salah satu serial berjudul “Karayilan”, salah satu serial televisi dengan budget tertinggi di Turki.

Tidak banyak yang bisa diulik dari sosok aktor yang satu ini. Bukan karena ia miskin prestasi. Tetapi, dia memang bukan tipe pria yang suka membuat sensasi. Lahir pada 12 Oktober 1981 di Ankara, bayi Engin terlahir dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang pegawai negeri dan ibunya adalah ibu rumah tangga sederhana. Tidak pernah ada cita-cita untuk menjadi seorang aktor seperti sekarang ini. Jurusan yang ia tekuni saat kuliah di Universitas Ankara adalah Bidang Sejarah.

Dua tahun pasca lulus kuliah, entah mengapa ia menerima saja tawaran untuk bermain di drama seri Yabanci Damat tahun 2004. Setelah itu, ia cukup aktif di dunia seni peran meski drama dan film yang dibintanginya tidak terlalu banyak. Ia juga sudah mulai dihujani pujian dari para fansnya, terutama di tahun 2006 dimana ia memenangkan penghargaan sebagai “Aktor Pendatang Baru Terbaik di CASOD Awards.

Tetapi, ia mulai populer melalui film “Bi Küçük Eylül Meselesi” dan drama “Kara Para Ask”. Perannya sebagai Ömer Demir mendapat penghargaan sebagai Aktor Terbaik di TV Series Awards 2014 dan 2015, Seoul International Drama Awards 2015, RaniniTv dan beberapa penghargaan lainnya.

Sebagaimana karakternya yang tidak neko-neko, Engin Akyürek tidak pernah punya akun sosial media satupun. Jadi, para penggemarnya memang tidak dapat memberikan komen atau pujian bagi pria ini melalui Twitter, Instagram atau Facebook.


Erkan Can (Pemeran Tayyar Dündar)

pemeran Tayyar dalam cinta elif

Dari tahun kelahirannya saja, 1958, kita sudah bisa menebak senioritas dari Erkan Can. Pria ini sudah dikenal publik sebagai Peddler dalam film Davaci di tahun 1986. sebelum ia lulus kuliah. Meski demikian, ia sudah mulai mencoba dunia akting di usia ke 16 saat ia masih aktif di kelas akting Bursa State Theater di SMK di kota kelahirannya, Bursa. Setelah menyelesaikan wajib militer mulai 1982-1984, ia kembali terjun ke dunia akting yang sangat ia cintai.

Soal penghargaan, ia dikenal sebagai peraih penghargaan sebagai Aktor Terbaik di Golden Orange Award di tahun 1998 atas perannya sebagai Gemide. Penghargaan yang sama ia terima di tahun 2006 untuk film Takva. Melalui film ini juga, ia memenangkan Festival Film Antalya dan Nurember,serta the Asia Pacific Screen Award.

Di Kara Para Aşk, ia memang tidak sempat memperoleh penghargaan. Tetapi, bukan berarti perannya tidak memberi kontribusi pada drama seri favorit anda ini. Karakter antagonis Tayyar Dündar, pembunuh berdarah dingin yang lihai menghilangkan jejak ini sangat membuatnya tertantang. Padahal, Erkan Can paling sering mendapat peran antagonis di sebagian besar film dan drama yang dibintanginya.


İlkin Tüfekçi (Pemeran Pelin Serter)

Sebagai polisi wanita, Pelin, di Cinta Elif, mungkin wajahnya terlalu cantik. Lahir di Istanbul pada 5 Juli 1987, Ilkin lulus dari jurusan Seni Peran di Universitas Halic. Jadi, soal seni peran, dia memang jagonya. Ilkin kecil juga jago tampil, dimana ia sudah mendalami balet dan mengikuti kompetisi-kompetisi yang diadakan di kota Halic.

pemeran pelin serter

Saat ia sudah mendalami seni peran, ia selalu menerima tawaran karakter yang berlawanan dengan sifatnya atau profesi yang dijalaninya. Hal ini terkait dengan profesionalisme yang selalu ia ingin tunjukkan. Dan, ini dibuktikan dengan peran yang berbeda di setiap drama.

Perannya sebagai Selin Serter di Cinta Elif banyak dipuji. Tetapi, publik Turki justru lebih mengenalnya saat ia bermain sebagai Bahar dalam serial televisi Karadayi. Padahal, ia hanya bermain sebanyak 39 episode karena tokoh yang diperankannya itu diceritakan meninggal. Padahal, ia sudah memiliki ikatan batin yang sangat erat dengan para pemain dan kru pada drama tersebut. Lalu, ia menerima tawaran sebagai Pelin di Cinta Elif secara asal-asalan saja.

“Ternyata, bergabung bersama rekan-rekan aktor dan aktris disini juga sama menyenangkannya dengan Karadayi,” paparnya yang diulas di akun Facebook resmi miliknya. Menurutnya, karakter Pelin sangat tidak biasa ditemui di drama-drama Turki lainnya. Ia mengaku sangat kagum dengan sosok Pelin, dan ia ingin sekali menjalani kehidupan tersebut di dunia nyata. Untuk melakoni peran sebagai Pelin, ia harus menjalani latihan fisik, termasuk cara menembak.


Hazal Türesan (Pemeran Aslı Denizer)

Pemeran Aslı Denizer dalam cinta elif

Sosoknya memang bukanlah aktris fenomenal. Tetapi, aktingnya di berbagai drama seri di Turki membuatnya mudah dikenal. Ia selalu kebagian peran protagonis, karena memang wajahnya yang melankolis. Hazal Türesan lahir pada 1 Maret 1985 di Izmir, kota metropolis ketiga terbesar setelah Istanbul dan Ankara. Drama seri yang ia bintangi tidak terlalu banyak. Drama seri pertama yang ia bintangi adalah Unutma Beni, dimana perannya sebagai Azra sudah ia lakoni selama tujuh tahun. Tak banyak yang tahu bahwa suaranya sering dipakai untuk narasi iklan puluhan produk kelas dunia, mulai Nivea hingga Samsung Galaxy.


Saksikan kelanjutan serial drama Turki "Cinta Elif" setiap harinya pada pukul 22.00 WIB hanya di TV ONE.

Jangan lewatkan juga beberapa sinopsis serial drama terbaru di TV ONE lainnya seperti Shehrazat, Endless Love, dan Torn Apart. Lihat update jam tayangnya acara TV hari ini di: http://www.jadwaltelevisi.com.

Last edited 01 August 2017