Sinopsis Gangaa - Episode 5

Tayang 11 Desember 2015 Pukul 12.30 WIB di SCTV

Episode ke-5 serial Gangaa dibuka dengan adegan kemarahan seorang wanita bernama Mishra. Ia marah karena Gangaa hilang dari rumahnya. Sang pelayan sudah memberitahukan bahwa ia dan sesama pelayan akan mengumpulkan semua gadis kecil di seluruh Banaras supaya Gangaa bisa dengan mudah ditemukan. Salah satu dari kepala pembantu, Madhvi, mengatakan bahwa ia sudah menyuruh salah satu supir keluarga untuk mencari keberadaan Gangaa. Mishra mengatakan bahwa Gangaa harus segera ditemukan, karena ia harus ada dalam suatu perayaan. Perayaan tersebut mengharuskan para gadis kecil yang sudah menjadi janda untuk datang, supaya sang majikan mendapat berkah dari sang dewa.

Cerita kembali ke sehari sebelumnya, dimana Gangaa sudah sampai ke rumah Niranjan. Rajhav Ji yang sudah memperingatkan bahwa hal ini dapat menimbulkan masalah, terutama bagi ibu Niranjan, tidak dipedulikan oleh Niranjan. Gangaa masuk ke rumah Niranjan dan terkesima dengan indahnya rumah pria baik hati itu.

Sinopsis Gangaa - Episode 5

Gangaa diminta duduk oleh Niranjan. Ia harus istirahat. Niranjan disambut oleh sang istri yang terheran-heran dengan kedatangan Gangaa. Ia merasa tidak enak, namun ia kasihan melihat polosnya wajah Gangaa.

Lalu, datanglah seorang yang langsung melabrak Niranjan. Ia berang karena Niranjan selalu membawa anak-anak kecil yang sudah menikah dan menjadi janda. Niranjan tidak peduli. Lalu orang tersebut mencari ibu Niranjan, Kanta Dadi. Kanta Dadi terkenal dengan pemikirannya yang kolot, dimana ia sangat menjunjung tinggi tradisi. Ia sangat tidak suka apabila ada anak-anak yang sudah menjadi janda tinggal bersama keluarganya yang terhormat, dan berasal dari kasta tertinggi. Ragjhav ji mengingatkan Niranjan lagi tentang hal ini, tetapi Niranjan berkata bahwa ibunya akan berubah pikiran jika ia melihat Gangaa. Niranjan pun berganti baju.

Madhvi menyambut Gangaa

Madhvi menyambut Gangaa. Ia langsung suka dengan keberadaan gadis cantik itu. Ia mengajak Gangaa ke belakang. Madhvi mencuci kaki Gangaa dan menyuruh Gangaa untuk cuci tangan karena ia akan disuruh makan.

Gangaa diajak menonton televisi di ruangan atas, bersama dengan Niranjan yang sudah berganti baju. Di ruangan lain, Kanta Dadi masih belum mengetahui bahwa ada Gangaa di dalam rumahnya. Kanta Dadi menyuruh salah seorang pembantu untuk menyiapkan makanan sebelum perayaan penyembahan dimulai. Sang pembantu itu pun mengomel panjang lebar. Ia jengkel karena kedatangan Gangaa membuat dirinya menggantikan tugas Madhvi. Gangaa hanya dapat tersenyum melihat omelan dari bibi yang satu itu. Lalu, Madhvi menyuruh Gangaa untuk segera makan, dan menatap penuh dengan sayang.

Gawat, ternyata ibu Niranjan mengetahui ada orang lain di dalam rumah. Lalu, ia pun menghampirir Gangaa. Madhvi hanya bisa menatap dengan rasa takut. Kunta Dadi, ibu Niranjan, menatap Gangaa dari ujung rambut hingga ujung kaki. Ia lalu menyuruh Gangaa untuk segera memakai pakaian putih.

Kunta Dadi bertanya kepada Gangaa tentang asal-usulnya. Ia bertanya juga apakah Gangaa adalah seorang janda. Gangaa yang sedikit ketakutan tidak dapat menjawab. Niranjan berusaha untuk mencairkan ketegangan dengan menjawab semua pertanyaan ibunya. Tetapi, dengan ketus, Kunta Dadi langsung menyuruh Niranjan diam dan mengharuskan Gangaa yang menjawab semua pertanyaannya.

Gangaa berusaha menjawab pertanyaan Kunta Dadi satu persatu. Ia mengatakan bahwa ia menikah karena disuruh ayahnya, beberapa hari lalu. Ia juga mengaku belum pernah melihat wajah si mempelai pria karena baik suaminya maupun ayahnya sama-sama meninggal saat kerusuhan masal. Sontak, hal ini membuat Kunta Dadi meledak. Ia tidak ingin reputasi keluarganya menjadi buruk karena seorang janda ada di rumahnya.

Niranjan terus memaksa ibunya untuk bersikap rasional

Menurut tradisi kuno India, dekat dengan janda, bahkan saat menatapnya langsung dari jauh pun, akan menyebabkan orang yang dekat atau melihat si janda tersebut kena tulah atau musibah tiada henti.

Niranjan langsung menengahi. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya si Gangaa masih gadis. Tetapi, Kunta Dadi bersikukuh bahwa siapapun yang sudah menjalani proses pernikahan, lalu ternyata sang suami meninggalkannya adalah janda. Niranjan terus memaksa ibunya untuk bersikap rasional. Niranjan mengatakan bahwa menikahkan anak saat belum cukup umur adalah dosa besar. Niranjan justru berujar bahwa sang ibu sangat berdosa karena menganggap si gadis kecil ini sebagai janda.

Madhvi yang tidak ingin membuat semuanya kacau menyuruh Ganga menghampiri Raghav ji di sudut ruangan. Kunta Dadi menyuruh Raghav untuk membawa Gangaa pergi dan mengembalikannya di tempat dimana ia ditemukan. Upaya Niranjan untuk membujuk ibunya sia-sia. Pertengkaran ini membuat Gangaa sedih karena ternyata ia tidak disukai di rumah besar itu. Dengan diam-diam, Gangaa pun keluar rumah.

Demikianlah sinopsis Gangaa (SCTV) untuk episode 5. Lihat juga sinopsis episode berikutnya (episode 6) atau episode sebelumnya (episode 4).

Untuk informasi profil pemain dan daftar sinopsis per episodenya bisa dilihat di halaman berikut ini: http://www.jadwaltelevisi.com/sinopsis-dan-profil-pemain-gangaa-sctv/info

Last edited 18 December 2015