Mampukah Naagin Geser Rating Anak Jalanan?

Jika Anda diberi kesempatan untuk turut menyaksikan drama dengan rating tertinggi di India pekan ini, tentu tidak akan Anda lewatkan, bukan? Nah, kehadiran drama Naagin di SCTV yang mulai ditayangkan pada 24 Maret 2016 lalu pada pukul 18:30 WIB tentu menyemarakkan sore hari Anda (update: kini serial Naagin tayang di SCTV setiap hari pukul 12.30 WIB). Jika anda sudah melewatkan beberapa episode pertama dari serial ini, jangan kuatir, karena anda masih bisa membaca ulasan sinopsis Naagin yang ada di halaman ini.

Di pekan ke 11 penayangannya di Colors TV, serial Naagin masih berada di rating tertinggi dengan angka 6,0%, dan angka ini adalah yang tertinggi di sepanjang sejarah drama Bollywood. Entah alasan apa yang membuat para pemirsa di India sangat menyukai drama ini.

Namun, ada fenomena baru yang terjadi dimana drama dengan tema-tema horor mistik menjadi sangat digemari. Terakhir kali, kita melihat drama yang sangat disukai di India, adalah Savitri. Dan, drama dengan tema ini sangat disukai oleh para pemirsa, terutama hari Senin sampai Jumat karena memang hari Sabtu dan Minggu hanya diperuntukkan bagi acara-acara yang diperuntukkan bagi keluarga. Bahkan, acara reality show pun kalah dari drama ini. Makin penasaran dengan sinopsis serial Naagin (SCTV) ini? simak terus pembahasannya di halaman ini.

Bahkan, baru-baru ini, Naagin mendapatkan penghargaan dari the Colors Petal Awards, dimana drama ini menjadi drama terbaik, serta Mouni Roy dan Sudha Chandran dinobatkan sebagai Aktor dan Aktris Terbaik. Bahkan, Adaa Khan juga memenangkan kategori sebagai Aktris Terbaik Peran Antagonis di Lion Awards 2015.

Naagin Yang Eksotis dan Erotis

sinopsis serial naagin sctv

Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Naagin berarti ular betina. Nah, bisa ditebak bagaimana tema cerita atau sinopsis Naagin ini. Naagin merupakan simbol seks yang sangat terkenal di India. Tak sulit bagi drama ini untuk meraih popularitas. Selain karena ceritanya yang unik, efek visual yang canggih serta kehadiran para aktor dan aktris yang sangat dipuja di India merupakan alasan utama mengapa Naagin langsung mencuri hati pemirsa di awal penayangannya.

Tapi, jangan salah. Naagin ini bukan nama orang. Naagin ini merupakan ‘jenis makhluk’ yang juga memiliki kerajaannya sendiri. Inti sinopsis Naagin ini ceritanya terfokus pada dua ‘jenis’ Naagin, yang bernama Shivanya dan Shesha serta keluarga Raheja yang tinggal di Mumbai, India. Ceritanya, keluarga ini adalah keluarga terpandang dan kaya raya.

Permasalahan dimulai saat Ankush Raheja, bersama dengan empat sahabatnya, membunuh orang tua Shivanya (naagin), padahal dia adalah pengasuh Naag Mani. Padahal, Naag Mani hanya dapat dipegang dan disentuh oleh Badshah (pangeran Sangraam Singh).

Shivanya yang sangat dendam, ia mengajak sepupunya, Shesha dan seorang pendeta untuk membalaskan dendam kematian ayahnya. Ternyata, Rithik Raheja, anak angkat dari Ankush Raheja (atau anak dari Prince Sangraam Singh) jatuh cinta pada Shivanya pada pandangan pertama meskipun ia sudah merencanakan pernikahan dengan teman masa kecilnya, Tanvi Shailesh Mathur, yang mencintainya setengah mati.

Dendam Shivanya dimulai dengan menggantikan posisi Tanvi, saat hendak menikah dengan Rithik. Ya, hampir sama dengan Tapasya yang menggantikan posisi Ichcha saat hendak menikah dengan Veer itu. Tanpa setahu Rithik, ia ternyata menikahi wanita yang sebenarnya ia cintai. Shivanya senang karena ia sudah diterima sebagai menantu di keluarga Raheja.

Shivanya tak ingin membuang waktu. Di hari pernikahannya, ia hendak membunuh Viren, salah satu pembunuh sang ayah. Viren yang baru sadar kalau Shivanya adalah seorang naagin, tak bisa membongkar rahasia ini karena ia sudah pingsan duluan setelah digigit oleh Shivanya. Tentu, pingsannya ini tak lama dan ia pun meninggal setelah bisa Shivanya menyebar ke seluruh tubuhnya.

Sinopsis Naagin (SCTV) berlanjut dengan Shivanya dan Shesha mengincar Suri, yang baru saja kembali ke India setelah menikah di luar negeri. Tapi, Suri dibunuh saat ia masih di kuil sehingga tidak terlalu mencurigakan.

Upaya Shivanya dan Shesha sedikit terhambat karena salah satu musuh makhluk naagin, yakni nevla, memasuki kehidupan mereka. Kabir, yang seorang nevla, hendak menikah dengan Tanvi. Tapi, Kabir langsung membunuh Tanvi yang mengungkap kebenaran tentang Shivanya dan Shesha meski akhirnya dua naagin ini berhasil membunuh Kabir. Akhirnya, duo naagin berhasil membunuh satu lagi pembunuh ayah Shivanya, Shailesh Mathur.

sinopsis naagin hingga episode terakhir

Apakah cerita Naagin berhenti sampai disitu? Meski dendam sudah terlampiaskan sebagian, ternyata masih ada intrik dan konflik yang tersisa. Shivanya yang terluka karena pelampiasan dendam terakhirnya itu harus dirawat di kuil. Ia pun dikhianati oleh Shesha yang jatuh cinta pada Rithik.

Meski demikian, keduanya masih bersama-sama mencari pembunuh terakhir, yakni ibu dari Rithik. Shivanya sendiri punya pesaing lain dari kaum naagin bernama Mayuri, yang dibawa oleh sang guru untuk membantu duo naagin menuntaskan dendamnya. Karena Mayuri dan Sesha ini sama-sama menyukai Rithik, mereka pun bersaing mendapat perhatian Rithik, tanpa diketahui oleh Shivanya.

Jadi makin rumit saja cerita dari sinopsis Naagin ini. Dan, belum diketahui bagaimana akhir cerita Naagin ini karena di India, Naagin juga belum berakhir masa tayangnya. Namun demikian, Anda pasti sudah paham bagaimana alur cerita nantinya. Akhir yang membahagiakan merupakan hal yang biasa bagi drama Hollywood. Tetapi, proses dari penuntasan dendam itulah yang membuat para pemirsa penasaran. Selain itu, kisah percintaan antara Shivanya dan Rithik, serta persaingan Mayuri dan Shesha bakal memanaskan suasana.

Mouni Roy Yang Cantik dan Seksi

Si cantik Mouni Roy sangat pas memerankan Shivanya. Cantik dan seksi. Dua hal ini membuat Mouni makin digemari, selain karena aktingnya yang memukau. Namun, popularitasnya ini tak membuat Mouni menjadi lebih terbuka pada publik. Kedekatannya dengan aktor Mohit Raina, tidak pernah ia ungkapkan kepada media secara terbuka.

Mouni Roy Yang Cantik dan Seksi

Mouni sendiri mengaku tidak ingin kehilangan kehidupannya yang menyenangkan, seperti saat sebelum menjadi populer, yakni tidur seharian jika sangat lelah. Dalam masalah pertemanan, ia juga tidak pilih-pilih meski sudah jadi selebriti. Ia pun hanya memilih teman yang jujur.

Sedangkan lawan mainnya, adalah Arjun Bijlani, yang akan berperan sebagai Rithik Singh. Dalam dunia nyata, ia memiliki kehidupan yang sempurna, dengan istri yang sangat mencintainya, Neha Swami. Pernikahannya sudah berjalan selama sepuluh tahun, dan dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Ayaan. Semesra apapun adegan yang ia lakukan di drama-drama yang ia bintangi, sang istri tak pernah merasa cemburu karena Neha sendiri tahu bahwa Arjun adalah sosok ayah dan suami yang bertanggung jawab.

Nah, demikianlah sinopsis Naagin yang tayang di SCTV setiap hari pukul 18.30 WIB mulai dari tanggal 24 Maret 2016 yang lalu. Mampukah serial drama India ini mendapatkan kejayaannya di Indonesia seperti di India saat ini? Meski sejak sepekan penayangannya di SCTV serial ini belum mampu menembus rating 10 besar, namun kita nantikan saja bagaimana perkembangannya dalam beberapa pekan ke depan.

Berkaca dari keberhasilan serial Uttaran dan kegagalan serial Savitri, maka tentu kita tidak bisa menentukan keberhasilan sebuah serial hanya dari beberapa pekan pertama. Ada proses waktu yang harus dilewati untuk membuat para pemirsa menjadi jatuh cinta dengan serial yang ditontonnya.

Namun serial Naagin ini memang harus bersaing dengan lawan beratnya yaitu sang pemuncak rating di Indonesia saat ini yaitu "Anak Jalanan" yang tayang pada jam tayang yang sama. Mampukah serial yang memiliki rating tertinggi di India ini menggeser sinetron "Anak Jalanan" dengan rating tertinggi di Indonesia tersebut?

Last edited 11 September 2016